Ary Sutedja

Nama :
Ary Sutedja
 
Pendidikan :
Master of Music Universitas Towson, Baltimore, Maryland, Amerika Serikat (1992),
St. Petersburg Conservatory, Rusia
 
Kegiatan Lain :
Sekretaris Jenderal JakArt
 
Penghargaan :
Outstanding Achievement in Music,
the Peggy and the Yale Gordon Foundation Scholarship,
the Talent Award Competition,
Anugerah Yayasan Pendidikan Musik (2012)


Pianis
Ary Sutedja
 
Pianis Indonesia, Ary Sutedja mendapatkan gelar Master of Music nya di Bidang Seni Pertunjukan Piano di Universitas Towson di Baltimore, Maryland pada tahun 1992 dibawah bimbingan Reynaldo Reyes. Ary berhasil menyelesaikan studinya di Towson, dengan predikat Summa Cum lLude dan memperoleh penghargaan Outstanding Achievement in Music, Pemenang the Peggy and the Yale Gordon Foundation Scholarship, dan pemenang the Talent Award Competition. Ary kemudian melanjutkan gelar sarjananya di St. Petersburg Conservatory, Rusia, dibawah bimbingan Sofia Vakman, Sergey Uryvaey dan Valery Visneysky. Guru-gurunya di Indonesia termasuk Iravati M. Sudiarso.
 
Saat tinggal di Jerman, ia mengikuti tur bersama dengan Bremen Opera Theater sebagai pengiring piano dibawah arahan Kapellmeister Gunther Bauernschenk, Ary kemudian kembali ke Indonesia pada tahun 1993. Tahun 1994, Ary bersama temannya Soun Youn Yoon (pemain Oboe dari korea) dan Sharon Eng (pemain biola dari USA) mendirikan grup musik bernama Nuansa Klasika. Mereka mengadakan konser di berbagai Negara seperti, Korea, Indonesia, Thailand, Inggris, Amerika Serikat (April 2006 di markas besar PBB di New York), Yunani, Kuwait dan Australia.
 


Asah (2006)

Di tahun 1999, bersama dengan suaminya, Mikhail David, Ary mendirikan JakArt, sebuah Festival Seni, Budaya dan Pendidikan yang diadakan setiap tahunnya di kota Jakarta. Di JakArt Ary menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. JakArt festival telah menggelar lebih dari 1000 pertunjukan dan pameran-pameran berkelas dunia sampai pertunjukan-pertunjukan seni yang dilakukan secara spontan oleh para seniman lokal dan mancanegara.

 
Pada tahun 2004, JakArt menggelar Festival A La Carte, sebuah festival yang keliling di 15 kota di Jawa dan Bali. Hal serupa juga diselenggarakan oleh JakArt dengan mengelilingi 12 kota di Peloponese (Yunani) dan di Athena dalam rangka Olimpiade Kebudayaan di Athena 2004.
 
JakArt telah didukung UNESCO sejak tahun 2002 dan merupakan salah satu Anggota Pendiri dari Association of Asian Performing Arts Festival (AAPAF). Anggota AAPAF lainnya termasuk Singapore Arts Festival, Shanghai Arts Festival dan Hongkong Arts Festival, dll. Ary adalah anggota Dewan Kesenian Jakarta tahun 2003-2006, selain juga adalah anggota dari Komite Nasional Indonesia untuk Kebudayaan, periode 2002-2004. Saat ini Ary adalah salah satu Anggota Eksekutif AAPAF dan aktif mengadakan pertunjukan solo piano dan musik kamar baik di dalam dan di luar negeri.
 
Menikah dengan pria asal Yunani , Mikhail David, pada tahun 1995, dikaruniai dua orang anak Elmira dan Elias. Menetap di kompleks Witanaharja, Pamulang, Banten. 
 
(Dari Berbagai Sumber)
 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.