Ayo Mengembangkan Usaha ke Bisnis Online

Ayo Move On

Bisnis diakhir-akhir tahun ini telah berubah. Banyak toko-toko retail besar yang tutup. Lihat Giant yang begitu besar akhirnya akan tutup. Mungkin akan digantikan suneo yang kecil. Tidak hanya toko, Jasa layanan pos pun telah banyak berubah, yang dulu lebih banyak paket surat, kini pos sudah berbenah dengan memberikan banyak layanan salah satunya pengiriman paket non surat.

Ayo move on merupakan solusi untuk menengahi kondisi semacam ini. Ayo move on ini berlaku untuk siapa saja yang ingin mengikuti pergerakan zaman. Dari toko kelontong sampai dengan Perseroaan Terbatas. Bahkan yang sebelumnya tidak punya toko fisik, dia bisa berjualan tanpa modal toko fisik.

Kenaikan Biaya Sewa Lahan Terus Naik

Kenaikan biaya sewa lahan terus naik. Ini adalah hal yang biasa dialami oleh hampir semua pemain bisnis yang menyewa lahan. Mereka yang memiliki lahan dari awal tentu akan berbeda halnya. Kenaikan sewa ini terus bertambah dengan kenaikan tahun. Hal seperti ini yang perlu distrategikan oleh para pelaku bisnis. Penulis sendiri pernah merasakan ketika sewa lahan dari 7 juta sampai dengan 12 juta selama kurang lebih 6 tahun berturut turut. Ini masih wilayah yang begitu ramai, apalagi pada wilayah yang ramai tentu akan berbeda.

Masih banyak lagi bisa jadi pertimbangan mengapa perlunya mengembangkan usaha bisnis online. Sebagai penambah semangat kita ambil contoh perusahaan-perusahaan yang mulai merambah ke bisnis online.

Perusahaan di bidang elektronik semuanya membuka penjualan langsung secara online. Lihat saja dari Erafone. Erafone ini sebagai distributor handphone terbesar, membuka jalur penjualan online mulai dari website sendiri dan banyak marketplace. Produsen handphone mulai dari Samsung, Asus, Xiaomi, Vivo, Oppo juga membuka jalur penjualan online di marketplace. Barang-barang elektronik ini termasuk barang yang mudah untuk didistribusikan menggunakan paket-paket kecil.

Toko-toko yang kecil pun sekarang sudah banyak yang berjualan melalui online. Tidak harus menjadi perusahaan besar untuk memulai penjualan online. Mari semasih masih ada waktu kita mulai mengembangkan usaha ke bisnis online.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.