Pengertian Web Design

M2 Indonesia – Web Desain adalah istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan bagaimana tampilan isi suatu website atau situs. Tampilan dari website biasanya berupa hypertext (HTML) atau hypermedia yang dikirimkan ke users melalui World Wide Web. Untuk menampilkan suatu desain web atau isi dari suatu website, dibutuhkan sebuah browser web atau software (perangkat lunak) berbasis web | Jasa Pembuatan Website di Semarang.

Tujuan dari web desain adalah untuk membuat website yang meliputi sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi yang berada pada web server. Bisa juga, sebuah website berupa sekumpulan teks, gambar, suara dan konten lainnya, serta dapat bersifat interaktif maupun statis.

Proses penyusunan web desain berawal dari konsep, rencana desain, pembuatan model desain web, dan pengeksekusian (blueprint) atau cetak biru desain ke dalam bentuk situs. Nantinya situs ini dibuat menggunakan bahasa markup seperti HTML. Bahasa markup itu diterjemahkan web browser seperti Internet Explorer, Firefox, Opera) pada interface software browser tersebut. Nantinya situs menampilkan konten Internet (atau yg biasa kita sebut World Wide Weeb / WWW).

Tujuan mendesain web itu bisa beraneka motif kepentingan. Namun biasanya, alasan mendesain web itu adalah agar bisa membangun situs berisi ribuan halaman situs yang tersimpan pada web server dan menampilkan konten secara interaktif kepada pengguna web menggunakan web browser. Untuk mencapai tujuan web desain itu, seorang web designer mendesain menggunakan elemen web berikut ini:

1. WEB
2. Gambar (format gambar GIF, JPEG, PNG),
3. HTML, XHTML, XML, dan tag bahasa pemograman web lainnya.
4. Grapik Vektor,
5. Animasi Flash,
6. Video Quciktime, dan
7. Suara

Baca juga Pengertian web browser.

You may also like...

Leave a Reply