Tari Lenyeupan, Tari dari Tanah Sunda

Lenyeupan adalah nama sebuah tari yang terdapat dalam genre tari Keurseus atau Tayub. Tari ini berkarakter halus dan biasanya ditarikan oleh laki-laki. Gerakan-gerakannya seringkali dipakai untuk menggambarkan suatu tokoh dalam sebuah cerita, wayang atau pantun misalnya, yang karakternya sama, seperti tokoh Arjuna, Rama, Abimanyu, Mundinglaya, dan sebagainya.

Tari ini berkarakter halus dan biasanya ditarikan oleh laki-laki. Gerakan-gerakannya seringkali dipakai untuk menggambarkan suatu tokoh dalam sebuah cerita, wayang atau pantun misalnya, yang karakternya sama, seperti tokoh Arjuna, Rama, Abimanyu, Mundinglaya, dan sebagainya.

Tari Lenyepan merupakan perkembangan dari tari Tayub, yakni perkembangan dari ibing saka (tari tak berstruktur tetap) ke ibing patokan (tari berstruktur tetap). Tari tersebut diiringi oleh lagu yang berirama lambat—dalam istilah karawitan Sunda disebut wirahma opat wilet—seperti lagu Renggong Bandung, Sulanjana, Banjar Sinom, dan sebagainya. Busananya meniru busana menak, terdiri atas baju takwa, bendo, dan kain batik, soder, dan keris.

You may also like...