Dullah Suweleh


Perkusionis
Dullah Suweleh
 
 
 
Musisi kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 12 Oktober 1944 ini mulai bermain perkusi pada tahun 1960 di Surabaya. Dalam keluarga Suweleh bukan hanya Dullah yang bermain musik. Kakaknya, Awad Suweleh dan adiknya, Karim Suweleh juga memainkan perkusi. Sampai sekarang, setidaknya sudah lebih dari empat puluh tahun Dullah Suweleh bermain musik yang mengkhususkan pada alat perkusi.
Tahun 1974 Dullah memberanikan diri masuk Jakarta, setelah ia memutuskan tetap bermain musik sebagai pilihan hidupnya. Ia begitu yakin bisa hidup dari bermusik sampai nekad meninggalkan bangku kuliahnya di tingkat III Fakultas Ekonomi Airlangga ditahun 1964. Di Jakarta, Dullah main bersama musisi jazz yang sebelumnya bermain bersama kakaknya, Awad Suweleh. Dullah memang menggantikan posisi Awad yang tidak betah tinggal di Jakarta.
Menyadari pilihan hidupnya, Dullah pun memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan tentang musik, terutama perkusi. Meskipun kegiatannya banyak terlibat dalam musik jazz, ia terus menimba ilmu dan mengasah keterampilannya tidak hanya dalam musik jazz. Itu sebabnya, wajah Dullah sering terlihat di televisi atau berbagai pergelaran musik.
Perkusionis yang pernah tampil North Sea Jazz Festival di Belanda dan 2nd Singapore International Jazz Festival ini, menguasai musik latin di mana perkusi atau conga yang sering ia mainkan merupakan jantung dari musik tersebut. Dullah mempelajari sejarah dan perkembangan musik-musik Latin, dan berusaha mendapatkan literatur serta album-albumnya yang tidak masuk ke Indonesia dengan berbagai macam cara.
Dunia musik tak mengenal istilah pensiun. Dullah pun demikian. Justru makin tua, makin banyak tawaran yang didapatnya. Ia tidak sungkan-sungkan terlihat bersama musisi yang usianya jauh beda dengannya.
Dullah Suweleh wafat pada hari Minggu, 6 April 2008 di Jakarta akibat kanker nasopharinx yang dideritanya sejak empat tahun silam.
 (Dari Berbagai Sumber)
 

Nama :
Abdullah Suweleh
 
Lahir :
Surabaya, Jawa Timur,
12 Oktober 1944
 
Wafat :
Jakarta, 6 April 2008
 
Profesi :
Perkusionis
 
Pendidikan :
Fakultas Ekonomi Airlangga (tidak lulus-1964)
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *