Kuei Pin Yeo


Pianis
Kuei Pin Yeo
 
 
 
Pianis kelahiran Jakarta ini, mulai bermain piano sejak berusia 5 tahun, dibawah bimbingan sang ibu. Selanjutnya, meneruskan belajar bermain piano pada sejumlah guru lulusan Belanda, seperti S.T. Djoeandy dan Soetarno Soetikno.
 
Setelah lulus SMA, ia mendapat beasiswa untuk belajar bermain piano ke Manhattan School of Music, New York, Amerika Serikat. Setelah mendapatkan gelar Bachelor of Music dalam seni pentas piano, kembali ia  mendapat beasiswa dari John D. Rockefeller 3rd Fund/Asia Cultural Council dan Helena Rubinstein Foundation untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Ia pun kemudian memperoleh gelar Master of Music Education dan Doctor of Musical Arts.
 
Raihan gelar yang didapatnya tersebut menjadikan dirinya sebagai penyandang gelar terbanyak dalam dunia musik Indonesia yang dikukuhkan oleh Museum Rekor Indonesia. Ia juga tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang meraih gelar doktor dalam bidang seni pentas piano. Sebagai pianis, ia telah melanglang buana ke berbagai negeri untuk menggelar konser dan menjuarai berbagai kompetisi piano internasional.
 
Konsernya di Amerika Serikat, Eropa dan Asia banyak menuai pujian. Bahkan salah satu surat kabar di Amerika, The New York Times memuji dirinya ketika ia memulai debutnyadi Carnegie Recital Hall dengan menyebutnya sebagai ‘both polished technician and responsive musician’ dan memujinya ‘elegantly detailed…immaculate, musically direct interpretation’.
 
Tahun 1983, kembali ke tanah air dan mendirikan sekolah musik Yayasan Musik Jakarta. Dua tahun kemudian, ia kembali mendirikan Camerata di Musica Jakarta, sebagai wadah untuk meningkatkan apresiasi musik klasik di Indonesia melalui pementasan bersama musisi professional luar dan dalam negeri.
 
Di tahun 2007, ia mendirikan Sekolah Tinggi Internasional Konservatori Musik Indonesia (STIKMI), yang terletak di Tangerang, Banten.  Adanya konservatori ini, menurutnya, membuat seorang musisi musik klasik tak perlu lagi belajar hingga ke luar negeri.
 
Pianis yang banyak meraih penghargaan internasional ‘The Harold Bauer Award’, dan pernah menjadi Artistic and Music Director of ASEAN International Concerto Competition, Jakarta International Summer Music Festival ini, menikah dengan Jap Tji Kien, konduktor Orkes Simfoni Nasional Indonesia dan karunia dua orang anak. Namanya tercantum dalam buku ‘International Women’s Who’s Who’ dan ‘Asian Who’s Who Prominent Indonesian Chinese’.      
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 
 

Nama :
Kuei Pin Yeo
 
Lahir :
Di Jakarta
 
Pendidikan :
Bachelor of Music dari  Manhattan School of Music, New York, Amerika Serikat (1976),
 Master of Music Education dari Manhattan School of Music, New York,
 Amerika Serikat (1979),
Doctor of Musical Arts dari  Manhattan School of Music (1981)
 
Kegiatan Lain :
Pendiri Sekolah Musik Yayasan Musik Jakarta (1983),
Pendiri Camerata di Musica Jakarta (1985)
 
Penghargaan :
Mendapat beasiswa dari  Manhattan School of Music, Amerika Serikat untuk belajar bermain piano,
Mendapat beasiswa dari John D. Rockefeller 3rd Fund/Asia Cultural Council,
Mendapat beasiswa dari Helena Rubinstein Foundation, 
The Harold Bauer Award,
Namanya tercantum dalam buku International Woman Who’s Who dan Asian Who’s Who Prominent Indonesian Chinese

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.