Maya Tamara Lubis

Koreografer
Maya Tamara Lubis
 
 
 
 
Lahir di Jakarta, mulai menari ketika berumur 5 tahun, dilatih oleh ibunya sendiri yang mempunyai sekolah balet  NAMARINA di Jakarta. Dilatih dari tingkat Primary sampai dengan Elementary di sekolah ini. Setelah mendapatkan Elementary Certificate dari The Royal Academy of Dancing di Singapura tahun 1975, ia memperdalam bidang senitari di London, Inggris pada bulan Juli tahun 1976.
 
Dua tahun pertama ia berguru pada Ruth French (salah seorang Soloist pada Pavlova’s company) yang mana Ruth French juga salah satu Major Examiner dari The Royal Academy of Dancing. Di sekolah tersebut, ia tidak hanya mendapatkan balet klasik, juga modern dance. Character dancing dan mata pelajaran formal lainnya, pada tahun kedua, ia mendapatkan kesempatan menjadi ballet assistant membantu Ruth French mengajar Children Work di salah satu Primary School di Marble Arch, London. Akhirnya di sekolah ini ia mendapatkan Intermediate Certificate dari The Royal Academy of Dancing juga dari The Imperial Society of Teacher of Dancing dengan predikat HONOURS.
 
Pada Juli 1978, ia mengikuti audisi di Royal Academy of Dancing College dan diterima dimulai pada bulan September 1978 selama tiga tahun untuk memperoleh gelar teacher diploma, 16 mata pelajaran yang harus diselesaikannya antara lain : balet klasik, contemporary, jazz, national dances, history, dance composition children dan major work of the R.A.D, dan juga anatomi, arts in education dan Labanatation. Di sekolah ini dia memulai membuat koreografi yang tiap 6 bulan dipentaskan sebagai College Production, ia juga menjadi salah satu dari empat orang yang ditunjuk pada bulan Oktober 1980 untuk mewakili R.A.D mendemonstrasikan R.A.D work, Dance Education Syllabus dan Historical dance (Pavane, Minute dll), di Jerman.
 
Bulan Februari 1981, ia berhasil mendapatkan Advanced The Royal Academy of Dancing (tingkat balet klasik tertinggi) dan ke-16 mata pelajaran lainnya berhasil lulus dengan predikat rata-rata Highly Commended. Juli 1981, ia berhasil menyelesaikan studinya dengan mendapatkan tittle L.R.A.D, A.R.A.D dan A.I.S.T.D (L.R.A.D, teacher diploma, A.R.A.D Dancers diploma). Setelah menyelesaikan studinya ia kembali ke tanah air untuk mengembangkan seni-tari di tanah air, balet khususnya dan memulai sebagai penata tari untuk balet dan modern jazz juga sebagai Artistic Director dari NAMARINA DANCE ACADEMY di Jakarta. 
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Maya Tamara Lubis
 
Karier :
Pimpinan Namarina Dance Academy
 
Pendidikan :
The Royal Academy of Dancing, Singapura,
The Royal Academy of Dancing., London, Inggris
 
Karya :
Six Variations (1981),
Ditaut Waktu (1982),
 Asmara Dhahana (1982), Layonsari (1982),
Nyi Endit (1983),
 Symphoniein C dari G (1983),
Balanchine (1983),
 Lee Slyphide dari Fokine (1983),
Paquita (1984),
Dance Colour and Music (1984),
 The Art of Dance (1984), Sonata Mozart (1984),
 Diana Akteon (1984)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *