Melky Goeslaw

Nama :
Melky James Goeslaw
 
Lahir :
Morotai, Halmahera,
 Maluku Utara, 7 Mei 1947
 
Wafat :
Jakarta, 20 Desember 2006
 
Penghargaan :
Juara I Festival Lagu Pop Nasional (1975),
Juara II bersama Diana Nasution Festival Lagu Pop Nasional (1977),
Penghargaan Kawakami untuk kategori penyanyi pop di Jepang (1995)
 
Karya :
Hiroshima dan Nagasaki,
Selamat Jalan Bang Ali,
Dansa Reggae,
Gepe-Gepe,
Sio Mama


Melky Goeslaw
 
 
 
Ayah dari penyanyi Melly Goeslaw ini lahir di Morotai, Halmahera, Maluku Utara, 7 Mei 1947, mulai dikenal diblantika musik Indonesia setelah menjuarai Festival Lagu Pop Nasional (FLPN) tahun 1975. Dalam festival itu, Melky membawakan lagu Pergi Untuk Kembali gubahan Minggus Tahitu. Tahun 1977 ia kembali tampil di FLPN bersama Diana Nasution dan meraih juara II, membawakan lagu Bila Cengkeh Berbunga dan Malam Yang Dingin karya Minggus Tahitu.
 
Sejak itu Melky menjelma menjadi penyanyi yang di segani. Lagu-lagu yang dibawakannya banyak mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Beberapa lagunya yang terkenal adalah ‘Pergi untuk Kembali’, ‘Hiroshima dan Nagasaki’ dan ‘Tuhan Semesta Alam’. Sempat berduet dengan penyanyi Diana Nasution, dan lagu mereka ‘Bila Cengkeh Berbunga’ meledak di pasaran.
 
Melky Goeslaw juga dikenal sebagai penggubah lagu. Karya populer Mekly antara lain ‘Hiroshima dan Nagasaki’ dan ‘Selamat Jalan Bang Ali’ populer di tahun 1970-an, juga ‘Dansa Reggae’ yang dipopulerkan Nola Tilaar di awal 1980-an. Ia juga menggubah lagu berbahasa Maluku ‘Gepe-Gepe’  dan  ‘Sio Mama’.
 
Sempat aktif di dunia olah raga dengan menjadi manajer mantan petinju juara dunia IBF, Ellyas Pical (1987). Tahun 1995, ia kembali memperoleh Penghargaan Kawakami untuk kategori penyanyi pop di Jepang. Belakangan, dia berbisnis di bidang perkayuan.
 
Ayah dari empat orang anak yakni Tommy, Abraham, Melly dan Yuliet serta empat cucu ini wafat di Jakarta, pada 20 Desember 2006 akibat penyakit komplikasi karena kanker payudara, paru-paru, diabetes, dan jantung. Jenazahnya Dikebumikan di pemakaman Tanah Kusir, Jakarta Selatan.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *