Mengenal Lebih dekat Scopus

Sobat M2Indonesia, kali ini kita akan membahas tentang Scopus secara lebih dekat untuk optimalisasi pencarian Jurnal. Scopus lebih dikenal dengan index scopus. Orang akan menanyakan sebuah artikel dengan pertanyaan, “Terindeks scopus tidak? Punya saya terindeks Scopus”.

Scopus ini sendiri adalah database kumpulan abstrak dan citasi dari literatur. Scopus ini dilengkapi tool untuk mencari jurnal yang sesuai. Untuk membuka Scopus, silahkan klik scopus.com.

 

Tampilan Awal Scopus

Tampilan awal scopus hanya menunjukkan tampilan yang lumrah. Tampilan ini mempersilahkan pengguna untuk login ke scopus. Tampilan scopus seperti gambar berikut. Jika kampus anda sudah berlangganan, silahkan bisa menggunakan jaringan kampus untuk mengakses atau menggunakan password dan user yang disediakan.

scopus

 

Optimalkan pencarian jurnal

Setelah anda login, tampilan scopus akan menjadi seperti pada gambar berikutnya ini. scopus-cari

 

Silahkan bisa mencari dengan menggunakan berbagai kata kunci, mulai dari judul jurnal, abstrak, penulis, ISSN dan masih banyak lagi. Jurnal yang bisa dicari juga dari berbagai publisher jurnal yang ada. Tidak hanya milik sciencedirect yang nota bene pemilik scopus ini, tetapi database publisher yang ada mencari 5000 publisher. Data yang bisa dicari mencapai 54 juta record.

Tampilan Hasil pencarian scopus bisa dilihat dibawah. Pada pencarian ini, kita menggunakan satu keyword ‘Twitter’ dengan tahun 2015. Scopus menampilkan data yang sesuai. Bila ingin melihat langsung dari publisher, silahkan bisa klik view at publisher. Pada bagian kiri kita bisa memilih jurnal khusus tahun tertentu, penulis, dari negara mana, topik berkaitan apa, dan masih banyak lagi.

scopus-cari3

 

Membandingkan dan Menganalisis Jurnal

Sobat M2Indonesia, ada satu lagi yang tidak kalah jauh utama dari scopus, membandingkan dan menganalisis jurnal. Tool ini sangat berguna ketika akan memilih jurnal untuk mengirimkan jurnal. Dengan tool ini, kita bisa melihat perkembangan impact factor jurnal, dokumen yang tersitasi, dan lainnya. Berikut tampilannya.

 

scopus-membandingkan

Semoga bisa berguna dan menambah wawasan kita semua.

Terima kasih sudah berkunjung.

You may also like...

Leave a Reply