Ria Sambas

Nama :
Ria Sambas
 
Lahir :
Jakarta, 26 Mei 1969
 
Wafat :
Jakarta, 16 November 2007
 
Pendidikan :
Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan Teater
 
Karier :
Penyiar Radio Pesona FM,
Public Relation PKJ-TIM,
Penyiar Berita AN TV,
Manajer Produksi PT. Senyum Manis Produksi,
Dubber,
Pembawa Acara
 
Pentas Teater :
Obrok owok-owok,
Tokek,
Malam Jahanam,
Benarda Alba,
Mak Comblang,
Don Juan,
Pemain Biola di Atas Atap, Kucing di Atas Atap Seng, Panas,
A Mid Summer Night Dream
 
Karya :
Boneka Ajaib (1996),
Jujur (1996),
Sepatu Ajaib (1997),
Tongkatku Sayang (1997),
Sayap Patah (1998),
Benderaku (1998),
Kebun Tia (1998),
Terompet Emas (1998),
Buto Ijo (1999),
Nyai Cabe (2002),
Susu Bendera (2003)


Penggiat Teater
Ria Sambas
 
 
 
Dikenal sebagai penggiat teater anak. Lahir di Jakarta, 26 Mei 1969. Anak bungsu dari lima bersaudara. Berlatar balakang pendidikan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) jurusan Teater. Memulai karir sebagai pemain teater, beragam naskah penah ia pentaskan, mulai naskah dari Indonesia seperti Obrok owok-owok, tokek, malam jahanam, sampai naskah yang berasal dari luar negeri seperti Benarda Alba, Mak Comblang, Don Juan, Pemain Biola di Atas Atap, Kucing di Atas Atap Seng Panas, A Mid Summer Night Dream, dll.
 
Karena berlatar belakang pendidikan teater, semua pekerjaan yang di jalaninya di dasari ilmu teater. Mulai bagaimana berbicara didepan banyak orang, dengan klien, dengan anak-anak sampai bagaimana menggunakan teknik bicara yang tepat serta menyajikan teknik presentasi yang baik sehingga menjadikannya lebih inovatif dan kreatif. Alhasil berbekal kemampuannya tersebut, ia mampu menjalankan berbagai aktivitas diantaranya pernah menjadi penyiar di radio PESONA FM, public relation di PKJ-TIM, MC berbagai acara, mengajar, dubbing, menulis, presenter, shooting, sampai menjadi penyiar berita di AN TV.
 
Setelah menikah dengan Anto Suhartono, sesama pengiat teater, mulailah ia dengan kesibukan barunya sebagai Manajer Produksi PT. Senyum Manis Produksi. Disini ia dituntut untuk bisa menjaga kwalitas produk, merangkap pula sebagai editor menulis naskah dan narator. Ia juga bertanggung jawab atas seluruh kegiatan perusahaan itu.
 
PT. Senyum Manis Produksi yang didirikan pada tanggal 17 Maret 1995 itu sendiri merupakan sebuah Production House yang bergerak di berbagai bidang antara lain Konsultan, Entertainment, Audio Video, Photo, Dubbing, Mc sampai pada Pendidikan Anak-anak (Kelompok Bermain, Acting, Vocal dan Tari). Tercatat Sanggar anak-anak yang di bentuk oleh PT. Senyum Manis Produksi di daerah bekasi dan sekitarnya tersebut pernah mengisi beberapa acara pentas di televisi maupun di tempat lain yakni ikut mengisi acara pentas Idul Fitri di Indosiar, Mengisi Pesta Anak di SCTV, Cerita Untuk Anak TVRI (Sepatu Ajaib, O …. Bintang, Benderaku, Tongkatku Sayang, Sayap Patah, Terompet Emas, Kejujuran, Kebun Tia), Uji Pentas (TIM dan Sanggar SMP), Perayaan Khusus HUT Proklamasi, dll.
 
Wafat di Jakarta pada 16 November 2007 akibat penyakit Lupus dan dikebumikan di Jakarta. Meninggalkan seorang suami dan dua orang putra.
   
(Dari Berbagai Sumber)
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *