Sis Triadji


Sis Triadji
 
 
 
Pengajar STSI Bandung program studi seni teater ini merupakan salah satu pendiri sekaligus pemain teater di kelompok Teater Payung Hitam bersama Rachman Sabur, Nandi Riffandi dan Budi Sobar pada tahun 1982. Sebagai pemain, ia sudah sering kali membintangi pementasan kelompok Teater Payung Hitam, diantaranya menjadi pemain dalam pementasan ’Demi Orang-Orang Rangkasbitung’, berperan sebagai Multatuli di Gedung Kesenian Dewi Asri, STSI Bandung, pada 9 – 10 April 2007.
 
Sedangkan sebagai sutradara. Ia pernah menyutradarai pementasan Teater Payung Hitam, Brench’s Drum In The Night. Ia juga pernah menyutradarai sejumlah pementasan teater lainnya, seperti, Dramatika Puisi Balada ‘Ken Arok’, pada acara Pekan Seni Bulungan, Jakarta (1987), menggarap Teater Suluk Amurwa Bumi, pada Festival Teater Tingkat Nasional di TIM Jakarta (1987), menyutradarai Teater Opera Ken Arok , yang dipentaskan di G.K. Sunan Ambu STSI Bandung, diproduksi oleh Goethe-Institut (1992).
 
Pada 24 April tahun 2008, ia menyutradarai pagelaran ‘Lolongseran Selebritis’ dengan lakon ‘Kala Murka Lantak’ di auditorium TVRI. Pagelaran dengan penata musik Dwiki Dharmawan ini, menghadirkan para pemain dari kalangan pesohor asal ranah parahiyangan, antara lain Dede Yusuf, Inggrid Kansil, Yana Julio, Denny Chandra, Dedi Gumelar (Miing Bagito), Virnie Ismail, Ika Eviolina, Happy Salma, Ikang Fawzi, Hana Wijaya serta Adang Dorodjatun
 
Karirnya sebagai aktor juga ia kembangkan di Studiklub Teater Bandung (STB). Bersama teater yang didirikan di Bandung, Jawa Barat, pada 13 Oktober 1958 atas inisitif  Jim Lim, Suyatna Anirun, Sutardjo A. Wiramihardja, Adrian Kahar,  Tin Srikartini, Thio Tjong Gie (Gigo) serta Soeharmono Tjitrosuwarno dan merupakan grup teater tertua di Indonesia ini, tercatat ia pernah tampil dalam naskah terjemahan tanpa saduran Nyanyian Angsa karya Anton Chekov, berperan sebagai Vassili Vasillitch, sang pemabuk, di TIM tahun 2004,
 
Kini selain aktif mengajar di STSI Bandung, dan di perkumpulan seniman Sasagon (Sandiwara Sunda Gogonjakan), ia juga menjadi anggota pada Bidang Seni dan Budaya di Badan Musyawarah Masyarakat Sunda (BAMMUS SUNDA)
 
Suami dari Lia Amelia yang juga pengajar STSI Bandung ini, bersama keluarga tinggal di jalan Batuwulum no.6, Bandung. Jawa Barat.
 
(Dari Berbagai Sumber)
 

Nama :
Sis Triadji
 
Profesi :
Pengajar STSI Bandung,
 Jawa Barat,
jurusan studi seni teater
 
Aktivitas Lain :
Pendiri, sutradara dan aktor Teater Payung Hitam,
Aktor, sutradara dan
ketua studiklub Teater Bandung (STB),
Pendiri perkumpulan
 seniman Sasagon
(Sandiwara Sunda Gogonjakan),
Anggota pada Bidang Seni dan Budaya di Badan Musyawarah Masyarakat Sunda
(BAMMUS SUNDA)
 
 
 
 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *