Susilo Nugroho

Aktor Teater
Susilo Nugroho
 
 
 
Ia adalah pemeran Den Baguse Ngarso Pareng, pelawak yang pernah dikenal lewat acara Mbangun Desa di TVRI Yogyakarta pertengahan tahun 1990-an. Laki-laki kelahiran Yogyakarta, 5 Januari 1959 ini tidak menjadikan kesenian sebagai profesi melainkan hanya sekedar hobi atau kesenangan saja. Disamping memang kecintaannya pada seni peran, aktivitasnya di panggung adalah mencari teman dan mencari tambahan nafkah
 


Teater Gandrik ‘TANGIS’
(Graha Bhakti Budaya – TIM, 2015)

Mulai terjun dalam seni peran sejak duduk di bangku SLTA sekitar tahun 1977. Pengetahuan dan keahlian tentang seni peran ia dapatkan dari grup teater yang diikutinya selain dari pengalaman-pengalamannya selama berpentas. Tokoh yang dianggap paling berperan dalam proses belajar di teater adalah Meritz Hindra. 
 
Dalam sebuah sinetron yang diputar di stasiun televisi Yogyakarta, dia berperan sebagai Den Baguse Ngarso. Nama ini yang kini lebih melekat di hati masyarakat. Pengalaman lain ikut pementasan yang paling mengesankan baginya adalah pementasan bersama teater Gandrik. Dia begitu menikmati pementasan itu dan merasa pas dengan dirinya terlepas dari baik buruknya.
 

 
Akrab dengan pertunjukan hiburan, baik di layar kaca maupun di panggung-panggung, namun dalam komunitas yang lebih terbatas, ia dikenal sebagai Ketua Jurusan Penjualan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Bantul. “Guru dan pelawak itu punya banyak kesamaan. Mereka sama-sama aktor dari satu peran saja. Kedua profesi ini juga membutuhkan persiapan materi untuk di sampaikan di panggung. Hanya cara penyampaian yang berbeda”, tutur alumnus IKIP Sanata Dharma ini. Dari profesi sebagai guru, Ia bertemu dengan istrinya, Awani Pratidina.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Susilo Nugroho
 
Lahir :
Yogyakarta, 5 Januari 1959
 
Pendidikan :
SD Suryodiningratan II,
SLTP Pangudi Luhur I Yogyakarta,
SMA De Britto,
IKIP Sanata Dharma
 
Karier :
Pengajar SMKN 1 Bantul,
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *