Toety Heraty

Sastrawan
Toety Heraty
 
 
Anak pertama dari Prof. DR. Ir. R. Roosseno ini lahir di Bandung, Jawa Barat, menikah dengan Prof. Dr. Eddy Noerhadi (alm) dan dianugerahi 4 orang anak. mengawali karirnya sebagai tenaga pengajar di Fakultas Sastra (sekarang Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia, menjabat sebagai Ketua Jurusan Filsafat di FSUI dan Ketua Program Studi Filsafat di Universitas Indonesia, Institut Kesenian Jakarta, Institut Pertanian Bogor, dan Institut Agama Islam Nusantara.
 
Aktif memberi bimbingan akademis di bidang filsafat, salah satunya bertindak sebagai promotor Dr. Kalina Leksono Supeli. Menjadi anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI) untuk bidang budaya. Anggota Dewan Riset Nasional (DRN), pernah menjadi Dewan Penasehat Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI) dan Center for Information and Development Studies (CIDES), tapi hanya sebentar karena merasa tidak sehaluan. Disamping kegiatan akademis di perguruan tinggi, ia aktif pula dalam kegiatan feminis sebagai Dewan Penasehat di Yayasan Suara Ibu Peduli, dan Koalisi Perempuan Indonesia dan Solidaritas Perempuan.
 
Sebagai Budayawan, ia telah menerbitkan sajak-sajak dan puisinya dalam bentuk buku, dan selama 30 tahun aktif di kegiatan Taman Ismail Marzuki sebagai Ketua Dewan Kesenian Jakarta dan anggota Yayasan Kesenian Jakarta. Ia juga tercatat sebagai rektor Institut Kesenian Jakarta pada tahun 1990-1996.  Juga aktif diundang untuk berbagai kegiatan di mancanegara seperti Poetry International di Rotterdam, Belanda (1981), memberikan ceramah sastra di PEN Club International Tokyo, Jepang (1984), International Writers Program di Iowa State University, Amerika Serikat (1985), pembacaan sajak di School Oriental and African Studies, serta tampil pada sejumlah seminar international untuk bidang sastra dan filsafat di Den Haag (Belanda), Toronto (Kanada), Kuala Lumpur (Malaysia), dan Berlin (Jerman).
 
Kegiatan seni budaya untuk masyarakat luas dilaksanakan di Galeri Cemara 6, yang disamping menjadi galeri feminis juga tempat MARA dan PAN didirikan. Sejak 4 Maret 1999 menjadi Ketua Yayasan MITRA BUDAYA menggantikan ibu Herawati Diah, dan Wisma Mitra Budaya menjadi kantor majalah Mitra Jurnal Budaya dan Filsafat. Untuk kegiatan bisnis, sejak tahun 1966 hingga kini ia menjabat sebagai pimpinan Biro Oktroi Roosseno. Perusahaan yang bergerak di bidang Patent, Trademark dan Copyright, sehingga sempat menjadi Ketua Asian Patent Attorney Association untuk Grup Indonesia, dan sempat menjabat sebagai Ketua Association Internationalle Pour La Protection De La Propertie Industrielle (AIPPI), anggota Asean Intellectual Property Association (AIPA) dan anggota Indonesia Intelectual Property Society (IIPS). Untuk pengabdiannya terhadap masyarakat ia sering menjadi pembicara dalam seminar-seminar, baik di dalam maupun di luar negeri.
 
Sebagai bukti pengabdiannya, beliau banyak mendapat penghargaan dari dalam maupun luar negeri. Ia mendapat gelar Sarjana Muda Kedokteran dari universitas Padjadjaran, Bandung (1955), selanjutnya di tahun 1962, ia lulus sebagai Sarjana Psikologi dari Universitas Indonesia, Sarjana Filsafat dari Rijks Universiteit, Leiden, Belanda (1974), meraih gelar Doktor Filsafat dari Universitas Indonesia (1979), dan Guru Besar Luar Biasa dari Universitas Indonesia (1994).
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 

Nama :
Toety Heraty
Noerhadi-Roosseno
                                           
Lahir :
Bandung Jawa Barat,
 27 November 1933
 
Pendidikan :
Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung (1955),
Sarjana Psikologi Universitas Indonesia (1962),
Sarjana Filsafat dari Rijks Universiteit, Leiden, Belanda (1974),
Doktor Filsafat dari Universitas Indonesia (1979),
 
Aktifitas Lain :
Pengajar Fakultas Sastra Universitas Indonesia,
Ketua Jurusan Filsafat di FSUI,
Ketua Program Studi Filsafat Universitas Indonesia,
Anggota Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia (AIPI),
Anggota Dewan Riset Nasional (DRN),
Dewan Penasehat Ikatan Cendekiawan Muslim (ICMI),
Dewan Penasehat Yayasan Suara Ibu Peduli,
Dewan Penasehat Koalisi Perempuan Indonesia,
Pimpinan Galeri Cemara 6,
Ketua Dewan Pembina Yayasan LBH Indonesia,
Anggota Akademi Jakarta
 
Karya Tulis :
Sajak-sajak 33 (1971),
Aku Dalam Budaya (1984),
Seserpih Pinang Sekapur Sirih (1979),
Mimpi dan Prestasi (1982),
Manifestasi Puisi
 Indonesia-Belanda (1986),
Woman in Asia: Beyond the Domestic Domain (1989),
Wanita Multidimensional (1990),
Nostalgi-Transedensi (1995),
Calon Arang-Kisah Perempuan Korban Patriarki (2000,
Hidup Matinya Sang Pengarang (2000),
A Time A Season (2003),
Lika-Liku Dasawindu (2014),
Dialog Dengan Kematian (2014)
 
Pencapaian :
Guru Besar Luar Biasa dari Universitas Indonesia (1994)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *