Hamdhan Syukrie

Nama :
Hamdhan Syukrie

Lahir :
Ambon, Maluku, 14 Juli 1963

Wafat :
Tangerang, Banten,
3 Januari 2015

Pendidikan :
Sarjana Ekonomi jurusan Ekonomi Manajemen Universitas Hasanuddin – Makassar
(Sulawesi Selatan)

Aktifitas Lain :
Wartawan,
Penyiar Radio,
Pengisi Suara Iklan,
Tim Kreatif acara Kuis

Pengamat Musik
Denny Sakrie
 

Bernama asli Hamdhan Syukrie. Lahir di Ambon, Maluku, 14 Juli 1963.  Ia adalah seorang penulis dan pengamat musik Indonesia. Lulusan Sarjana Ekonomi jurusan Ekonomi Manajemen Universitas Hasanuddin ini, mengawali kariernya sebagai penulis artikel musik sejak duduk di bangku SMP (1979) melalui media Pedoman Rakyat yang terbit di Makassar, Sulawesi Selatan.

Sejak saat itu, ia rajin mengirimkan tulisannya tentang musik di sejumlah media dan berhasil di muat antara lain di majalah Gadis, Hai, Variasi, Vista, Mode, Sinar Harapan, Suara Pembaruan, dan Republika. Bahkan selanjutnya ia juga menjadi kontributor tetap untuk majalah Tempo, harian KOMPAS, dan majalah Rolling Stone Indonesia. Tidak hanya itu, ia juga pernah menerbitkan sejumlah buku yang berkaitan dengan dunia musik, diantaranya, ‘Musisiku’ – Bersama Komunitas Pencinta Musik Indonesia (Penulis dan Penyunting, Republika, 2007), dan Audio book ‘Chrisye Masterpiece’ (PT Musica Studio’s Jakarta, 2007).

Sebagai pemerhati musik, sosoknya kerap kali muncul di layar televisi mengomentari berbagai aspek dalam industri musik. Berbekal Keahlian dalam menilai suatu musik juga membuat dirinya beberapa kali dipercaya untuk menjadi juri dibeberapa acara kompetisi musik seperti Lomba Cipta Lagu Remaja (1996 s/d 1997), Tawuran Musik Levi’s (1997 s/d 1999), Dewan Juri Kategorisasi Anugerah Musik Indonesia (2006 s/d 2008), Jazz Goes To Campus Awarding (2007 s/d 2009), Lomba Vokal Group Indomaret Se-Indonesia (2006), Java Jazz International Festival Award (2008), Lomba Cipta Lagu BNI’46 (2008) dan Indigo Music Award Telkomsel (2009).

Selain dikenal aktif dalam dunia musik, ia juga dikenal sebagai penyiar radio. Tahun 1988, ia menjadi menjadi penyiar di radio Madama, Makassar. Kemudian sebagai penyiar di Radio Suara Irama Indah, Jakarta. Ia pernah siaran bersama penyiar legendaris Rusman Pandjaitan, Rama, Zakir, dan Nien Lesmana (ibu dari Mira Lesmana dan Indra Lesmana di tahun 1991. Karirnya dalam dunia penyiaran semakin menanjak setelah ia tergabung dalam Prambors Group di tahun 1992. Selain berkarir di Prambors Group, ia pernah berkarir di FeMale Radio (1992), M97 FM (1995), Woman Radio (2004), Radio Trijaya (2005) hingga berakhir dalam jaringan Delta FM (2006) dimana ia membawakan acara bernama MUSICAL BOX.

Karirnya tidak hanya berhenti di dunia musik. Ia juga terkenal sebagai pengisi suara iklan. Tidak hanya itu, ia juga beberapa kali menjadi tim kreator acara televisi khususnya acara kuis yang dibuat oleh Helmy Yahya, diantaranya, sebagai tim pembuat soal dan tim kreatif acara kuis ‘Siapa Berani’ di Indosiar, tim Pembuat soal dalam kuis ‘Gladiator 1 Milyar’, tim pembuat soal dalam kuis ‘Celebrity For Charity, tim pembuat soal dalam kuis ‘HP Hour’, tim pembuat soal dalam kuis ‘Gosip Atau Fakta’. Dunia filmpun tidak luput ia jelajahi, pria yang kerap tampil sederhana ini, pernah tampil dalam film ‘Garasi’ (2006), yang di sutradarai oleh Agung Sentausa dan diproduseri oleh Miles Films Productions. Dalam film tersebut, ia memerani sosok Hagi Haryadi, seorang pengamat musik.

Pada 3 Januari 2015, pengamat musik ini wafat di usia 51 tahun karena serangan jantung. Ia meninggal sesaat akan dibawa ke Rumah Sakit Siloam Karawaci. Meninggalkan seorang istri, Mike Hendrawati dan seorang putri. Dimakamkan di Tangerang Selatan, Banten.

(Dari Berbagai Sumber)

You may also like...

Leave a Reply