Dwifira Maharani Basuki

Nama :
Dwifira Maharani Basuki

Lahir :
Surabaya, Jawa Timur,
7 Juni 1972

Pendidikan :
Jurusan Antropologi, Universitas Indonesia
(1991-1992),
S1 Komunikasi Jurnalistik dari Pittsburgh State University, Amerika Serikat(1992-1995),
S2 Komunikasi-Public Relation,
Wichita State University,
Amerika Serikat (1995-1996)

Karier :
Bekerja di majalah Dewi,
Kontributor Sunflower, Collegio dan Morning Sun,
Pembawa Acara di CAP-3 TV (Pittsburg, Kansas, Amerika Serikat),
Produser paruh waktu di Radio Singapore International,
Pimpinan Redaksi majalah SPICE!,
Executive Contributor majalah Haeper’s Bazaar Indonesia

Karya :
Jendela-Jendela (2001),
Pintu (2002),
Atap (2003),
Biru (2004),
Rojak (2004),
serial Miss B,
Brownies,
Cinta Dalam Sepotong Roti, Kumpulan cerpen Alamak!, Kumpulan cerpen Perempuan Hujan,
Dwilogi Astral Astria-Paris, Pandora,
Kapitan Pedang Panjang,
Serial anak-anak Mandy & Mami,
140 Karakter,
Cerita di Balik Noda,
biografi Wimar Witoelar:
“Hell, Yeah!”,
Fira dan Hafez,
Loji


Penulis
Fira Basuki

Lahir di Surabaya, Jawa Timur, 7 Juni 1972. Perempuan bernama asli Dwifira Maharani Basuki ini, telah menyenangi kegiatan menulis sejak kelas II SD. Kala itu ia sudah membuat puisi yang dibacakan di sekolah. Ketika duduk di bangku SMP kemampuan menulisnya semakin berkembang. Pada saat di sekolah menengah umum ia sudah menjuarai lomba menulis yang diselenggarakan oleh majalah Tempo dan Gadis.

Setelah itu dunia tulis menulis seakan sudah menjadi santapannya sehari-hari takala ia bekerja sebagai wartawan di beberapa media massa di dalam negeri dan di luar negeri, antara lain pernah bekerja di majalah Dewi dan menjadi kontributor di beberapa media asing, seperti Sunflower, Collegio, dan Morning Sun. Selain itu, alumnus dari Communication Public Relation di Pittsburg State University dan Wichita State University, Amerika Serikat ini juga pernah menjadi pembawa acara pada CAP-3 TV, Pittsburg, Kansas, Amerika Serikat dan produser paruh waktu di Radio Singapore International. Ia juga pernah menjadi Pemimpin Redaksi majalah SPICE! dan executive contributor di Harper’s Bazaar Indonesia.

Sejak tahun 2001 ia mulai aktif menulis novel. Novel pertamanya berjudul Jendela-Jendela mengisahkan kehidupan pasangan suami istri dan permasalahan-permasalahan yang muncul di dalam rumah tangga. Novel pertamanya tersebut ternyata laris di pasaran. Dengan suksesnya novel pertama tersebut, ia kemudian menulis lanjutan kisah novel Jendela-Jendela dengan meluncurkan novel Pintu yang diterbitkan pada tahun 2002 dan Novel Atap yang diterbitkan pada tahun 2003. Selain itu, novel Biru (2004) dan Rojak (2004) muncul dan menambah koleksi karya sastra yang dihasilkannya. Hampir semua novel-novel yang dihasilkannya mengambil latar tempat di Amerika Serikat, Singapura, dan Indonesia karena ia sudah pernah menetap di negara-negara tersebut sehingga ia dapat mendalami dan mendeskripsikan budaya setempat dengan begitu jelas.

Penulis yang pernah diundang ke Singapore Writer’s Festival ini juga telah menerbitkan sejumlah karya tulis yang lain yakni Brownies, Cinta Dalam Sepotong Roti, kumpulan cerpen Alamak!, kumpulan cerpen Perempuan Hujan, dwilogi Astral Astria-Paris Pandora, Kapitan Pedang Panjang, serial Miss B, serial anak-anak Mandy & Mami, 140 Karakter, Cerita di Balik Noda, serta biografi Wimar Witoelar: “Hell, Yeah!”, Fira dan Hafez, dan lain-lain. Karya-karya yang dibuatnya dikenal enak dibaca dengan bahasa-bahasa yang mudah dicerna serta apa adanya.

Energinya untuk menulis seperti tidak ada habisnya. Menulis rupanya sudah seperti napas baginya. Redakstur majalah Cosmopolitan Indonesia tersebut mengaku menjalani segalanya dengan senang dan tanpa mengeluh. ”Saya mencintai menulis dan ini adalah passion saya,” ujar ibu dua orang anak, Syaza Calibria Galang dan Kiad Sastra Baskoro.

Pada 14 Maret 2012, kabar duka menghampirinya, suaminya, Hafez Agung Baskoro yang menikahinya pada 25 November 2011 meninggal dunia setelah terkena serangan jantung setelah sebelumnya sempat dirawat di Rumah Sakit Panti Rapih, Yogyakarta.

(Dari Berbagai Sumber)

You may also like...