Arifin Hidayat

Nama :
Arifin Hidayat
 
Lahir :
Mojowarno, Jombang,
Jawa Timur, 8 Agustus 1942
 
Pendidikan :
SMA (tidak selesai)
 
 
 

Kartunis
Johnny Hidayat
 
 
Bernama asli Arifin Hidayat. Lahir di Mojowarno, Jombang, Jawa Timur, 8 Agustus 1942. Ia di kenal sebagai seorang karikaturis. Sejak remaja ia telah gemar membuat kartun dan mengirimkan ke berbagai koran dan majalah sejak tahun 1961. Karena terlalu asyik dengan hobinya tersebut, membuatnya tak lulus SMA di Malang, Jawa Timur.
 
Pada tahun 1964, ia hijrah ke Jakarta. Di Jakarta ia sempat menjajal banyak pekerjaan, diantaranya bekerja sebagai juru gambar di perusahaan meubel. Ketika bekerja di perusahaan meubel itulah muncul nama tambahan Johnny karena dia suka menyanyikan lagu Johnny Guitar. Nama itu awalnya digunakan untuk membedakan jati dirinya dengan dua penyandang nama Hidayat lain yang bekerja sebagai sopir dan tukang pelitur di perusahaan meubel itu. Kebetulan bisnis kartun pada tahun 1969 sedang meriah, dan sejak saat itulah ia kerap membuat lukisan kartun personal dengan tokoh sesuai pesanan, hingga akhirnya mantap menekuni dunia kartun sebagai pilihan hidupnya.
 

Tahun 1972, ia diminta Harmoko, Redaktur Harian Pos Kota saat itu dan mantan Menteri Penerangan era Orde Baru, untuk mengisi kolom kartun tetap di harian Pos Kota. Setiap hari karyanya muncul dengan tokoh yang juga bernama Johnny, berhidung mancung, pakai kaos loreng dan suka usil menggugat segala hal. “Johnny itu kepanjangan dari kalimat ‘cah Jombang kuwi wani-wani’ (anak Jombang itu pemberani), kaus belangnya karena saya punya darah Madura.“ ungkapnya.

 
Dengan tokoh yang menurutnya celelekan (usil, jahil, suka bercanda), kartunis ini akhirnya laris mengisi kartun di banyak koran dan majalah, diantaranya majalah Stop, Detektif & Romantika, Senang, Selecta, Varia, Ultra, kemudian koran Berita Buana, Waspada, dan Analisa. Kartunis angkatan Dwi Koendoro dan Pramono ini, menikah dengan Maria Margaretha yang juga senang melukis. Dari pernikahannya tersebut, ia dikaruniai dua orang anak Q Bagus Raja Jagad dan Ni Ayu Puteri Bhumi. Kini bersama keluarga ia tinggal menetap di rumahnya di daerah Kampung Walang, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara.
 
Di rumah tiga lantai yang ia huni bersama keluarganya tersebut, juga terdapat studio kartun tempat ia mengerjakan pesanan tokoh-tokoh kartun rekaannya yang terletak di lantai tiga. Ruang tersebut memberikan kebebasan baginya untuk berkarya kapan saja. Ia bisa bekerja pagi, siang atau malam. Bahkan kadang ia ditemani kucing yang suka tidur di atas tumpukan kanvas.      
 
(Dari Berbagai Sumber)

You may also like...

Leave a Reply