Andi Suandi


Pelukis
Andi Suandi
 
 
 
Lahir di Jakarta, 8 Agustus 1966, gemar melukis sejak masih bersekolah SMP, ketika duduk di bangku SMA, kecintaannya pada seni lukis bertambah kuat. Bahkan ia membuka sanggar melukis di sekolahnya, SMAN 35. Setelah lulus, ia melanjutkan kuliah di Fakultas Seni Rupa IKIP, Jakarta, lulus pada tahun 1994. Pelukis yang semasa kuliah sudah sering mengikuti pameran bersama ini, awalnya sempat beraliran realis dan surealis, tahun 1998, ia berganti ke abstrak. Ia mengaku, bahwa perpindahan aliran dalam kegiatan melukisnya merupakan sebuah proses.
 


Adab 6, 150 cm x 300 cm,
akrilik diatas kanvas (2011)

Sejak tahun 2000-an, ia mulai melukis dengan nuansa spiritual, yang juga merupakan proses perjalan hidupnya. Ayah tiga anak yang juga menjadi Guru Melukis di Sekolah Islam Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan ini. Dalam melukis, ia juga termasuk salah satu pelukis yang bisa melakukan eksprimentasi dan eksplorasi baik material maupun tehnik untuk membagun efek pictorial, sesuai dengan gagasan yang ingin diwujudkan, seperti mengolah tekstur dan pasir, bahan pabrik atau resin fiber.
 
Letak rumahnya di bilangan Ciputat, Jakarta Selatan, yang jauh dari keramaian kota membuatnya mampu menghasilkan lukisan-lukisan abstrak yang berkualitas sehingga banyak diminati warga asing. Yang menarik lukisan abstrak karyanya, selalu disertai dengan sertifikat untuk setiap lukisan yang terjual. Hal tersebut ia lakukan untuk menghindari pemalsuan lukisan. Setiap sertifikat yang keluar-pun dinomorinya, dan dibelakang sertifikat selalu ada tulisan mengenai deskripsi lukisannya.

 
Ia pernah meraih beberapa penghargaan, diantaranya, pada tahun 1986-1987, ia menjadi Juara Karya Seni Terbaik pada Festival Seni di DKI Jakarta dan menjadi pemenang Pertama Festival Seni Lukis di DKI Jakarta dan Jawa Barat. Pameran tunggalnya yang pertama pada tahun 1999, bertajuk ‘Interaction & Ideas’, di Indosteak Restaurant, Mulia Tower, Jakarta.
 
Pada 7 – 17 September 2012 lalu, ia mengadakan pameran tunggalnya yang ke-10, bertajuk ‘Per’Adab’an Spiritual’, di Galeri Cipta II, TIM, Jakarta. Pada pamerannya tersebut, ia menampilkan sejumlah lukisan-lukisan abstraknya dengan warna-warna terang dan beragam. Namun unsur monokrom yang menjadi ciri khasnya dalam lukisan-lukisan abstrak masih tetap terlihat. Ia mengakui, bahwa karyanya kali ini terlihat lebih riuh dengan goresan-goresan yang ekspresif. Jika dulunya masih terlihat kontempelatif, kini karyanya tampak lebih ekspresif.
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 

Nama :
Andi Suandi
 
Lahir :
Jakarta, 8 Agustus 1966
 
Pendidikan :
SMA 35
Fakultas Seni Rupa IKIP, Jakarta (lulus tahun 1994)
 
Aktifitas Lain :
Guru Melukis di Sekolah Islam Al-Izhar, Pondok Labu, Jakarta Selatan
 
Penghargaan :
Juara Karya Seni Terbaik pada Festival Seni di DKI Jakarta (1986-1987),
 Pemenang Pertama Festival Seni Lukis di DKI Jakarta dan Jawa Barat (1986-1987)
 
 
 
 
    
 

You may also like...

Leave a Reply