Sumaryo L.E


Seniman Musik
Sumaryo L.E
 
 
Lahir di Magelang, Jawa Tengah, 26 Juli 1913. Masih keturunan bangsawan dari ayahnya R. Umar Padmosaprodjo dan ibunya RA Sunarti. Pendidikannya setelah menamatkan AMS tahun 1935, ia masuk pendidikan Kepolisian di Cililitan Besar Jakarta, lulus tahun 1941. 
 
Sebelum terjun ke dunia musik, ia sempat bekerja sebagai volontair di Landgeracht Tegal. Ia juga pernah menjadi penerjemah yang mengalih-bahasakan buku-buku Bahasa Jawa ke dalam bahasa Belanda untuk kepentingan sebuah departemen milik Belanda di Jakarta. Juga menjadi ambtenaar dan Inspektur polisi di Jakarta pada awal Indonesia merdeka. Setelah itu, ia bekerja di Kementrian Pertahanan RI dengan pangkat kolonel TRI. 
 
Namun minat Sumaryo pada musik rupanya lebih kuat. Ia lantas mendalami bidang musik dengan melanjutkan pendidikannya ke Institut Studie Javaanse Talen. Selanjutnya ia mengikuti kursus teori musik dan biola kepada J. Schwerin dan celo kepada Nicolai Varfolomeyeff. 
 
Saat pemerintahan RI dipindahkan ke Yogyakarta, pada 1947-1948 ia diangkat sebagai instruktur pada Tentara Pelajar RI. Sewaktu pusat pemerintahan RI berkedudukan di Yogyakarta inilah peluangnya mengembangkan minat pada musik terbuka luas. Ia lalu mengajar musik pada Musik Cinedrama Institut Yogyakarta yang didirikan oleh pemerintah.
 
Berkat kinerjanya yang prima di bidang musik dan dunia kebudayaan, ia menduduki jabatan penting sebagai Pimpinan Bagian Penerangan Kebudayaan Kementrian Penerangan RI.  Ia pun dipercaya menduduki beberapa pos jabatan antara lain Kepala Seksi Seni Suara di bagian kesenian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Tugas- tugasnya di Departemen Pendidikan dan Kebudayaan itu memungkinkannya untuk melakukan penelitian musik tradisi berbagai daerah.
 
Kembalinya pusat pemerintahan RI ke Jakarta juga mengubah status jabatannya. Ia diangkat sebagai Direktur Direktorat Kesenian, Direktorat Jendral Kebudayaan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Ia pun diberi tugas untuk membentuk Lembaga Penelitian Musik Indonesia, yang akhirnya membentuk Lembaga Musikologi dan Koreografi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, dan ia duduk sebagai Direktur periode 1968-1974. Juga dipercaya menjadi anggota Badan Sensor Film dan Dewan Film Nasional.  Berbagai kelompok kebudayaan juga mempercayainya untuk memimpin berbagai organisasi.
 
Oleh pemerintah, ia dipercaya membawa misi kebudayaan Indonesia khususnya musik ke mancanegara seperti India, Uni Soviet (Rusia), China, Vietnam dan Thailand.  Tahun 1957, ia memimpin rombongan konferensi musik internasional di Manila, Filipina.  Untuk misi yang sama ia pernah mengunjungi Bulgaria, Afrika Timur, juga Singapura. Di mancanegara itulah ia memperkenalkan musik karawitan khas nusantara.
 
Di sela-sela kesibukannya, penulis diktat Pengetahuan Musik Tradisional Indonesia (1975) ini, tetap aktif sebagai seorang akademisi, ia menjadi pengajar di Akademi Musik LPKJ/IKJ mengajarkan tentang musik tradisional berbagai daerah di Indonesia, dan membuka mata kuliah Etnomusikologi. Diktat yang di tulisnya itu menjadi bacaan wajib di Akademi Musik LPKJ/IKJ sampai kini. Selain itu koleksi rekaman berbagai musik tradisi Indonesia yang ia usahakan sendiri, kini menjadi bahan kuliah penting di Fakultas Seni Pertunjukan IKJ.
 
Beberapa karya penting lainnya di bidang musik yang telah di hasilkan olehnya, yakni Boem in G (untuk orkes simponi, 1953), Musik Selayang Pandang (1955), On Rythm in Indonesia Musik (untuk seminar musik internasional di Teheran, Iran, 1972), dan Komponis, Pemain Musik dan Publik, yang diterbitkan oleh Pustaka Jaya, Jakarta (1981).
 
Peraih Hadiah Seni dari Pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1977 ini, wafat di Jakarta
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 
 

Nama :
Sumaryo L.E
 
Lahir :
Magelang, Jawa Tengah,
 26 Juli 1913
 
Wafat :
Jakarta
 
Pendidikan :
AMS (lulus tahun 1935),
Pendidikan Kepolisian di Cililitan Besar Jakarta
(lulus tahun 1941),
Institut Studie
 Javaanse Talen,
Kursus teori musik dan biola kepada J. Schwerin dan celo kepada Nicolai Varfolomeyeff
 
Karier :
Volontair di Landgeracht Tegal,
Ambtenaar dan Inspektur polisi di Jakarta,
Bekerja di Kementrian Pertahanan RI dengan pangkat kolonel,
InstrukturTentara Pelajar RI,
Pengajar musik Musik Cinedrama Institut Yogyakarta,
Pimpinan Bagian Penerangan Kebudayaan Kementrian Penerangan RI,
Direktur Direktorat Kesenian, Diretorat Jendral Kebudayaan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayaan,
Direktur Lembaga Musikologi dan Koreografi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1968-1974),
Anggota Badan Sensor Film,
Anggota Dewan Film Nasional,
Pengajar di Akademi Musik LPKJ/IKJ
 
Penghargaan :
Hadiah Seni dari Pemerintah Republik Indonesia (1977)
 
Karya :
Boem in G
 (untuk orkes simponi, 1953)
Musik Selayang Pandang (1955)
On Rythm in Indonesia Musik (untuk seminar musik internasional di Teheran, Iran, 1972)
Diktat Pengetahuan Musik Tradisional Indonesia (1975)
Komponis, Pemain Musik dan Publik (Pustaka Jaya, Jakarta 1981)
 

You may also like...

Leave a Reply