Aditya Gumay

Penggiat Teater
Aditya Gumay
 
 
 
Lahir di Jambi, 4 Oktober 1966. Latar belakang pendidikannya ditempuh di Institut Sosial dan Politik (IISIP) Jakarta. Ia juga pernah menimba ilmu perfilman melalui Kursus Pendidikan Umum (KPU) Sinematografi yang diselenggarakan oleh Pusat Perfilman H. Usmar Ismail.
Dikenal sebagai sutradara yang kerap bergelut dengan dunia anak-anak. Lewat teater Kawula Muda dan sanggar Ananda yang didirikanya pada tahun 1986, sudah banyak melahirkan bakat-bakat baru di dunia seni peran, seperti Agnes Monica, Olga Syahputra, Ruben Onsu, Okky Lukman, dan Indra Bekti.
Namanya semakin di kenal lewat Lenong Bocah yang di tayangkan di salah satu stasiun televisi swasta nasional pada tahun 1994. Setelah itu ia kerap tampil lewat berbagai tayangan televisi serial anak-anak, yang tidak hanya menghibur tetapi juga terselip pesan-pesan yang mendidik. Acara anak yang pernah di gagasnya antara lain Talkshow Kring- Kring O La La, Cuap-Cuap, dan Cerita Anak Dunia.
 
Setelah lebih dari 15 tahun malang-melintang di dunia penyiaran, ia memulai debutnya di dunia film sebagai sutradara, melalui film Tina Toon & Lenong Bocah the Movie (2004). Setelah itu ia menyutradarai dan menulis naskah film Emak Ingin Naik Haji (2009), yang dibintangi aktris senior Aty Cancer dan aktor senior Didi Petet. Memproduseri dan menyutradarai film Rumah Tanpa Jendela (2011). Menjadi sutradara dan menulis naskah film Ummi Aminah (2012) yang dibintangi oleh aktris senior Nani Widjaja.
 
Meski telah merambah dunia film, namun aktifitas kesehariannya tetap tidak pernah lepas dari Sanggar Ananda, yang hingga saat ini tercatat sudah meluas dengan 15 cabang dan sekitar 3.000 murid yang tergabung di sanggar tersebut. Ia dan sanggar Ananda-nya saat ini telah menjadi pionir sanggar anak-anak yang paling aktif membuat dan mengisi berbagai tayangan televisi, mulai dari iklan-iklan televisi dan media cetak sampai sinetron drama, misteri, laga, dan komedi.
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 

Nama :
Aditya Gumay
 
Lahir :
Jambi, 4 Oktober 1966
 
Pendidikan :
Institut Ilmu Sosial dan lmu Politik (IISIP ) Jakarta,
Kursus Pendidikan Umum (KPU) Sinematografi yang diselenggarakan oleh Pusat Perfilman H. Usmar Ismai
 
Aktifitas :
Pendiri dan Pengasuh Sanggar Ananda (sejak 1986)
 
Acara Yang Dibuat :
Lenong Bocah (1994),
Talkshow
Kring-Kring O La La,
Cuap-Cuap,
Cerita Anak Dunia
 
Fillmografi :
Tina Toon & Lenong Bocah the Movie (Sutradara, 2004),
Emak Ingin Naik
(Sutradara dan Penulis, 2009),
Rumah Tanpa Jendela (Sutradara dan Penulis Naskah, 2011)
Ummi Aminah (Sutradara dan Penulis Naskah, 2012),
Sayap Kecil Garuda (Sutradara dan Penulis Naskah, 2014),
Ada Surga Di RumahMu (Sutradara, 2015)

You may also like...