Agoes Jolly

Seniman Seni Instalasi
Agoes Jolly
 
 
 
Lahir di Kediri, Jawa Timur, dengan nama asli Agoes Hari Rahardja. SA, 17 Agustus 1959. sejak di Kediri sudah hidup dilingkungan Pendidikan Taman Siswa, kemudian masih masa kanak-kanak ikut pamannya yang sekaligus ayah angkatnya hijrah ke Yogyakarta dan masih pula berada di lingkungan Taman Siswa. Di sana ia makin mengenal dunia kesenian lewat kegiatan seni Pendopo Agung Taman Siswa, Museum Ki Hajar Dewantoro (Dewantara Khirti Griya).
 
Belajar menggambar pada pamannya Ki Oengki Soekirno (alm). Mengenyam Seni Tari dan operet dari Nyi Rais dan Nyi Hadi Sukatno (alm). Tahun 1973, hijrah ke Jakarta mengikuti pendidikan SLP (Taman Dewasa-Taman Siswa Jakarta). Setahun kemudian bergabung di Bengkel Pelukis Jakarta (BPJ) TIM. Tahun 1976 kembali lagi ke Yogyakarta menempuh studi di Sekolah Menengah Seni Rupa, jurusan Patung dan Lukis hingga tahun 1980. Saat itu sempat selama setahun menjelang akhir studi, ikut bekerja di Studio Monumen Karangwuni sambil belajar pada Pematung Maestro Eddy Sunarso. 1981 ia kembali ke Jakarta meneruskan studi di IKJ jurusan Seni Patung.
 
Sejak masa studi di Yogyakarta (1976), ia sudah berafiliasi dengan kesenian di luar disiplin keseni rupaan. Berperan dalam kegiatan teaterial Sanggar Bambu pimpinan Untung Basuki, di antaranya mengikuti pementasan drama musikal Di Luar Rumah karya Untung Basuki di Yogyakarta maupun di UNIBRA Malang. 1978-1981, ia bergabung dengan kelompok Teater Alam pimpinan Azwar AN, dan mengikuti pementasan sejumlah karya besar diantaranya Obrok-Owok-Owok-Ebrek Ewek-Ewek karya Danarto, Krisna Duto karya D. Jayakusuma (alm). Bermain juga dengan kelompok Teater UNDIP pimpinan Darmanto Yatman. Juga pada kelompok Seni Kepribadian Apa dalam catatan Ditutup Polisi bersama Bonyong Muniardi Cs.
 

Sejak tahun 1981 hingga 1990 mulai membuat karya Performance Art One Man Play terhimpun sampai 12 karya di antaranya bertajuk Challanger dan Astronout Indonesia Dr. Pratiwi (komet Halley) dll. Periode 1983-1991 mulai menggali Proses Performance Art Slide dan Gerak. Dalam kegiatan khusus Seni Rupa ia juga melalui perintisan dengan berbagai kerjasama dan sikap melebarkan wilayah-wilayah disiplin kesenian. Di ruang-ruang kreatif seperti itu ia mengambil peran dan mendapat kepercayaan dari sejumlah nama seperti WS. Rendra (alm), Sardono W. Kusumo, Deddy Luthan, Ananda Sukarlan, Sutardji Colzoum Bachri, Retno Maruti, Leon Agusta, Wahyu Sihombing (alm), Hamid Jabar (alm), Abdul Hadi WM, Fahmi Alatas, Hanafi, juga Sulistyo Kusumo dan Suprapto Suryodarmo.

 
Namanya makin populer dalam dunia seni instalasi, performance art atau belakangan banyak kalangan menyebut-nyebut sebagai Seni Rupa Multi Media. Undangan-undangan istimewa untuk berbagai pertunjukan, pameran ataupun diskusi datang dari berbagai agen kebudayaan di daerah-daerah nusantara, juga mancanegara antara lain Singapura, Australia, New York (Amerika Serikat) dan Inggris di mana sempat pula ia berjumpa langsung dengan PM Inggris Mr. Tony Blair. Pada semester pertama tahun 2004, ia melahirkan karya lukis dua dimensional di galeri Fabulous dalam rangka Pameran Seni Rupa Kontemporer bersama enam orang Pelukis Kontemporer Jakarta dan dua orang dari Serbia & Montenegro. Sebelumnya ia menggelar pameran tunggalnya yang bertajuk : Pameran Seni Rupa (ME) Rupa Agoes Jolly Sendiri di Cipta II TIM. Ia juga tampil di hadapan para pelukis Jakarta saat mereka pameran Art Expo di Hotel Nikko Jakarta.
 
Ia memang punya potensi sebagai seniman Besar dengan rentangan kegiatan yang selama ini ditempuhnya sangat panjang, dengan perjuangan yang kalanya menjadi tidak mudah, tapi ia jalani dengan kesungguhannya selaku pekerja seni di mana sudah begitu banyak menorehkan karya-karyanya.
 
Pada hari Minggu sore, 28 Juli 2013, Agoes Jolly menghembuskan nafas terakhirnya akibat penyakit diabetes yang di idapnya. Disemayamkan di perumahan Aneka Elok Blok D 10 No.9 RT 07/RW 09, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur. Dimakamkan keesokan harinya di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur .  
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Agoes Hari Rahardja. SA
 
Lahir :
Kediri, Jawa Timur,
17 Agustus 1959
 
Wafat :
Jakarta, 28 Juli 2013
 
Pendidikan :
Bengkel Pelukis Jakarta TIM (1974),
Sekolah Menengah Seni Rupa, jurusan Patung dan Lukis di Yogyakarta
(1976-1980),
Institut Kesenian Jakarta jurusan Seni Patung
(1981-1990)
 
Filmografi :
Bendera (2002)
 
 
 

You may also like...

Leave a Reply