Aisha Sudiarso

Pianis
Aisha Sudiarso
 
 
 
Lahir Di Bandung, Jawa Barat, tahun 1971. Puteri pasangan Sudiarso, S.E dan Iravati M. Sudiarso, yang merupakan salah satu pianis terkemuka di Indonesia. Mulai belajar bermusik pada usia 3 tahun dari neneknya, Hestia Mangunkusumo. Di usia 4 tahun ia diterima belajar di Sekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik (YPM) di bawah bimbingan Jeanne Juwono, lalu Etty Iskandar. Ia lulus tingkat 6 di bawah bimbingan pianis Rudy Laban.
 
Tahun 1983, ia diterima di tingkat Persiapan Konservatorium YPM dan mendapat bimbingan dari pianis Iravati M. Sudiarso hingga lulus pada tahun 1986. Sepanjang pelajaran di sekolah musik YPM, ia banyak mendapat pelajaran teori dari Bapak Jamalus, Bapak Alex Paat, Bapak Sudarno, di samping pelajaran pelengkap lainnya seperti sejarah musik dari Bapak Binsar Sitompul, psikologi musik dari Ibu Suprapti Markam, dan piano Pedagogi dari sang ibu Iravati M Sudiarso. Karena waktu itu ia senang juga pada Biola, ia juga pernah belajar biola dibawah bimbingan pemain biola Kusnadi Djajapranata (alm).
 
Di tahun 1987, ia melanjutkan pendidikan formalnya di SMA St. Timothy’s School, Maryland, Amerika Serikat, dimana ia memperoleh The Bigelow Ingram Piano Scholarship dan berguru pada pianis Mary Stanton. Ia juga mendapat bimbingan artistik dari Prof. Walter Hautzig di New York, Amerika Serikat. Sejak tahun 1989, ia di bimbing oleh pianis Reynaldo Reyes. Setelah menyelesaikan pendidikan SMA-nya pada tahun 1990, ia kemudian meneruskan pelajaran musik di Manhattan School of Music dan meraih gelar Master of Music dari Manhattan School of Music, New York, Amerika Serikat di bawah bimbingan Solomon Mikowsky dan Donn Alexander Feder.
 
Telah tampil dalam berbagai format musik termasuk resital tunggal di Indonesia, Hong Kong, Al Jazair dan Amerika Serikat. Berbagai pengalaman berpentas sejak umur dini baik di Indonesia, Amerika Serikat dan sejumlah negara lain, memberi kesempatan baginya untuk terus berkembang. Sehingga tak heran jika pada tahun 1989, ia diundang mewakili Indonesia dalam International Festival for Classical Music di Tipaza, Aljazair.  Ia juga menjadi wakil Indonesia dalam pagelaran bersama negara Perancis dan Polandia dalam rangka memperingati 250 tahun wafatnya pianis Polandia, Frederick Chopin. Berkesempatan untuk turut terpilih mengikuti master classes dari pakar musik dunia seperti Alexander Schneider, Isador Cohen, Barry Snyder, Joseph Seiger dan Roman Rudnitzky.
 
Selain itu, sebagai pemain musik kamar, ia juga telah banyak bekerja dengan sejumlah musisi internasional, antara lain, Sylvia Rossenberg, Virginia Perry Lamb, Claire Heldrich, John Swallow dan Paul Ingram. Pengalamannya dalam hal musik kamar tersebut, mengarahkannya untuk tampil dalam pagelaran bersama dengan Jak-Art, Chamber Music Series, Aning Katamsi, Catharina W. Leimena dan Sukahardjana. Sebagai solis, ia telah tampil dengan berbagai orchestra, seperti The Jakarta Youth Orchestra, Nusantara Chamber Orchestra, Tasmanian Symphony Orchestra, Australian Youth Orchestra dan Long Island Youth Orchestra. Bersama ibunya, Iravati M. Sudiarso, pada tahun 1994 ia mendirikan ‘Sudiarso Duo’ dan tampil baik di Indonesia maupun di Amerika Serikat. ‘Sudiarso Duo’ terus mengembangkan diri dan telah melahirkan beragam pementasan baik sebagai solis dengan Jakarta Symphony Orchestra maupun melalui kolaborasi.
 
Atas peran aktif dan pengabdiannya di musik, Direktur Bidang Akademis di Sekolah Musik YPM dan Anggota DKJ periode 2009-2012 dan 2013-2015 ini tercatat pernah meraih beberapa penghargaan diantaranya meraih, The YPM Artist Award (1987), Pemenang pertama JCC Piano Competition, dimana ia juga tampil dalam konser para pemenang JCC Competition dalam rangka Ulang Tahun ke 25 JCC Music Competition. ia juga menerima Melissa Brook Beck Award, mendapat The Russel Denison Memorial Award in Piano.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Aisha Ariadna Pletscher Sudiarso
 
Lahir :
Bandung, Jawa Barat, 1971
 
Pendidikan :
SMA St. Timothy’s School, Maryland, Amerika Serikat
(1987-1990)
Manhattan School of Music,
 New York, Amerika Serikat
 
Pendidikan Musik :
Sekolah Musik Yayasan Pendidikan Musik
 
Aktifitas Lain :
Direktur Bidang Akademis di Sekolah Musik YPM,
Anggota Dewan Kesenian Jakarta
(2009-2012 & 2013-2015)
 
Pencapaian :
Meraih beasiswa dari The Bigelow Ingram Piano Scholarship untuk berguru pada pianis Mary Stanton,
The YPM Artist Award (1987),
Pemenang pertama JCC Piano Competition,
Melissa Brook Beck Award
The Russel Denison Memorial Award in Piano

You may also like...

Leave a Reply