Andi Bersama

Penggiat Teater
Andi Bersama
 
 
 
Lahir 1 Januari 1956. Mantan wartawan sebuah majalah nasional. Aktif berteater sejak masih remaja. Telah bergabung dengan banyak grup teater. Tercatat beberapa festival teater telah ia ikuti dan sejumlah penghargaan pernah ia peroleh. Grup teater pertama yang ia masuki adalah Teater Bersama di Gelanggang Remaja Bulungan Jakarta Selatan.
 
Dikenal sebagai penggiat teater militan. Pernah memimpin Teater Bersama dan Teater Kubur di Jakarta. Menjadi aktor lepas dan wara-wiri disejumlah grup teater Jakarta, diantaranya  dengan Teater SAE, Teater Luka, Bandar Teater, Teater Tetas dan Teater Populer. Dua kali ikut dalam produksi Teater Kosong pimpinan Radhar Panca Dahana. Dengan Teater Kubur pimpinan Dindon WS ia berpentas di 20 kota Indonesia. Memiliki banyak pengalaman dalam berteater, dan beberapa diantaranya adalah ikut berpentas dalam ‘Setan Dalam Bahaya’ (2013) karya Taufik El Hakim, ‘Monolog Profesor Filsafat’ (2013), ‘Jomplang’ bersama Teater Aquila (2012), ‘Rumah Bolong bersama Teater Kubur (2012), dan pertunjukkan ‘ON/OFF’ di Setagaya Art Center Tokyo bersama Teater Kubur (2009). Ia ikut terlibat dalam pementasan ‘Subversif!’ di Graha Bhakti Budaya – TIM pada 13-14 Maret 2015.   
 

Sebagai aktor teater, ia juga ikut terlibat sabagai juri dalam beberapa festival seperti dalam Teater Jakarta/FTJ 2014, Festival Teater SMA se Jabotabek (2013 dan 2014), Monolog Dramakala yang diselenggarakan Tabloid teater drama Kala dan The London School of Public Relation Jakarta (2011, 2012 dan 2014).
  
Penggiat teater ini menuturkan bahwa perkembangan teater dewasa ini berjalan sebagaimana mestinya, artinya tetap ada teater dan tetap ada pementasan. Sebab memang fasilitasnya tersedia, seperti di tingkat anak-anak ada fasilitas yang namanya Festival Teater Anak, di tingkat SMU fasilitasnya Festival Teater SMU, diluar SMU atau  umum ada Festival Teater Jakarta.
 


SUBVERSIF! (Graha Bhakti Budaya – TIM, 13-14 Maret 2015)

 
Terpilih sebagai Sutradara terbaik I dan Penulis Cerita Anak Terbaik I dalam Festival Teater Anak 2004 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Permuseuman DKI dalam pementasan ‘Dongeng Koboi Konyol’ produksi Sangara Anak Bulungan (sang ABUL). Dinobatkan sabagai Sutradara Terbaik III dalam ajang Festival Teater Remaja (sekarang Festival Teater Jakarta untuk pementasan ‘Perampok’ (karya JF Schiller/adaptasi WS Rendra di tahun 1982, dan ‘Sumur Tanpa Dasar (Arifin C. Noer) pada tahun 1983 bersana Teater Bersama Jakarta (sebelum bergabung dengan Teater Kubur).
   
Baginya teater adalah tidak cuma soal artistik. Dengan berteater ia belajar memberdayakan diri, Ia juga menginginkan para pelaku teater membuka ruang dan wacana. “Banyak properti yang harus disiapkan termasuk wawasan sehingga pelaku teater mau tak mau harus mampu berkomunikasi dengan stake holder,” paparnya. Ayah dari tiga orang putri ini, bekerja dan melatih teater untuk guru di sekolah alam Sawangan Depok dan Homeschooling di Cilangkap.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Andi Bersama
 
Lahir :
1 Januari 1956
 
Aktifitas Lain :
Pelatih teater untuk guru di sekolah alam Sawangan Depok dan Homeschooling di Cilangkap,
Pendiri dan Pemimpin
Teater Sang Abul
(Sanggar Anak Bulungan)
 
Pencapaian :
Sutradara terbaik III pada Festival Teater Remaja/Festival Teater Jakarta (1982),
 Sutradara terbaik III pada Festival Teater Remaja/Festival Teater Jakarta (1983),
Penulis Cerita Terbaik Anak Terbaik Pertama (2004),
Sutradara terbaik I Festival Teater Anak (2004)
 
Filmografi :
Garuda Di Dadaku,
Pasukan Kapiten (2012)
 

You may also like...

Leave a Reply