Andrea Hirata

Nama :
Andrea Hirata
 
Lahir :
Belitung, Bangka – Belitung,
24 Oktober
 
Pendidikan :
S-1 Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia,
S-2 Universite de Paris, Sorbonne, Perancis,
Sheffield Hallam University, Inggris
 
Kegiatan Lain :
Instruktur kantor pusat
PT. TELKOM
 
Karya :
The Science of Business, Teori Ekonomi dalam
Perspektif Telekomunikasi (Penerbit ITB),
Sang Pemimpi (2006),
Edensor (2007),
Maryamah Karpov (2008),
Padang Bulan (2010)
Cinta di Dalam Gelas (2010),
Ayah (2015),
Der Traumer (2015)
 
Pencapaian :
Penghargaan Khusus IKAPI (2010),
Penghargaan Hak Kekayan Inteletual (2012),
 Novel Laskar Pelangi menjadi pemenang pertama kategori general fiction pada festival buku New York Book Festival 2013,
Doktor Hanoris Causa bidang Kesusastraan dari Universitas Warwick, Inggris (2015)
 
 
 
 

Penulis
Andrea Hirata
 
 
 
Lahir di Belitung, Bangka-Belitung, 24 Oktober. Putra Pasangan NA Masturah dan Seman Said Harun ini menempuh pendidikan S-1 nya di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia. Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikannya dengan beasiswa Uni Eropa di Universite de Paris, Sorbonne, Perancis dan Sheffield Hallam University, Inggris.
 
Tesis Andrea di bidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus dengan predikat cum laude. Tesisnya tersebut telah diadaptasi ke dalam bahasa Indonesia dan merupakan buku teori Ekonomi Telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah beredar sebagai referensi Ilmiah.
 
Namanya mulai di kenal orang setelah buku novel Tetralogi karyanya yang berjudul ‘Laskar Pelangi’ (2005) yang diterbitkan dalam empat buku oleh penerbit Bentang Pustaka, masuk dalam jajaran ‘best seller’ untuk tahun 2006 – 2007. Selanjutnya terbit karya novel-novelnya yang lain yakni ‘Sang Pemimpi’ (2006), ‘Edensor’ (2007) serta ‘Maryamah Karpov’ (2008). Semua novelnya sukses di pasaran dan menyihir pembacanya.
 
Novelnya ‘Laskar Pelangi’ yang beberapa bagian di tulis dengan cara writing nonfiction with fiction technique, atau beberapa bagian lainnya writing fiction with nonfiction technique ini juga di terbitkan dalam bahasa Inggris. Judulnya berubah menjadi ‘The Rainbow Troops’, yang dialih bahasakan oleh penerjemah Amerika Serikat, Angie Kilbane. Novelnya tersebut kini dapat ditemui di beberapa Negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Cina, Zimbabwe, Kanada, Vietnam, Jepang, Australia dan Jerman, setelah penerbitnya menandatangani perjanjian dengan sejumlah agen literature di beberapa negara, seperti Amer & Asia Books Ltd, sebuah agen literature yang berbasis di Tucson, Arizona, Amerika Serikat dan penerbit Yilin Press, China yang akan menerbitkan novelnya tersebut ke dalam bahasa China. Sedangkan Novelnya ‘Edensor’ masuk dalam nominator penghargaan nasional sastra Khatulistiwa Literary Award/KLA 2007 dan dimuat dalam Tabloid Metro Bangka Belitung pada Edisi XVI/Tahun II/Minggu I Januari 2008.
 
Dua karya novelnya, ‘Laskar Pelangi’ dan ‘Sang Pemimpi’, diangkat menjadi judul film layar lebar. Bahkan, tercatat lebih dari satu juta telah menonton film tersebut. Film ‘Laskar Pelangi’ menjadi salah satu film fenomenal pada tahun 2008 dan meraih penghargaan sebagai film terbaik Festival Film Asia Pasifik ke-53 di Kaohsiung, Taiwan. Sedangkan film ‘Sang Pemimpi’ yang disutradarai oleh Riri Reza, pada 1 Mei 2010 mendapat penghargaan di Festival Film Udine Far East, Italia.
 
Edisi internasional Novel ‘Laskar Pelangi/Rainbow Troops’, yang diterbitkan di Australia dan Selandia Baru oleh penerbit kelas dunia, Random House, telah berhasil menembus 20 negara termasuk Amerika Serikat dan sebagian negara di eropa barat, diantaranya, Brasil, Korea Selatan, Malaysia, China, Taiwan, Vietnam, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, India, Pakistan, Bangladesh, Sri Langka, Nepal, Jepang, Jerman, Belanda, Spanyol, Italia dan Turki. Atas kesukesannya tersebut, ia makin sibuk menghadiri undangan menjadi pembicara dimana-mana, termasuk  menjadi pembicara tamu di, Byron Bay Writers Festival 2012 di Australia. 
 
Instruktur pada kantor Pusat PT. Telkom ini juga menciptakan dua buah novel yang lain berjudul ‘Padang Bulan’ dan ‘Cinta di Dalam Gelas’ yang di luncurkan pada tahun 2010. Novel tersebut bercerita tentang dirinya sebagai orang melayu kampung. Juga dikenal aktif di musik. Ia menulis lagu ’Cinta Gila’ untuk soundtrack film Sang Pemimpi.
 
Menjadi salah satu nominator penulis sastra bertema budaya terbaik di TB BuchAwards 2013, TB BuchAwards adalah penghargaan karya sastra bergengsi di Eropa, yang diadakan oleh asosiasi internasional budaya dan turisme. Novelnya, ‘Laskar Pelangi’ telah diterbitkan di Jerman oleh penerbit Hanser Berlin dengan judul Die Regenbogen-Truppe. Di Italia novel ‘Laskar Pelangi’ di beri judul La Scoula Ai Confini Del Mondo, dan menyusul akan terbit di Portugal dan Jepang. Edisi Perancis dan Bulgaria akan diterbitkan oleh Mercure de France dan penerbit Hermes. Novel tersebut telah terbit di 77 negara dalam 18 bahasa asing. Mimpi lamanya agar novelnya dapat diterbitkan oleh penerbit-penerbit ternama ternama kelas duia seperti Hanser Berlin, Rizzoli dan Maercure de France akhirnya tercapai. Ia merasa senang melihat novelnya dipajang di took-toko buku di Eropa. 
 
Baru-baru ini, novel ‘Laskar Pelangi’ yang terbit di Amerika Serikat dengan judul The Rainbow Troops, menjadi pemenang pertama untuk kategori general fiction pada festival buku yang sengat bergengsi, New York Book Fesival 2013, mengungguli novel Breakfast with the Dirt Cult karya penulis terkenal Amerika Serikat, Samuel Finlay.   
 
(Dari Berbagai Sumber)
 

You may also like...