Ari Tulang

Koreografer
Ari Tulang
 
 
 
Mengawali karirnya didunia hiburan Indonesia sebagai penari. Di masa kuliah, ia bergabung dengan organisasi kepemudaan Muda Manggala Indonesia (MMI). Bersama beberapa koreografer di MMI kala itu, ia sempat menampilkan pagelaran tari ‘Gubah Laras’ (1984) di Graha Bakti Budaya TIM dan Panggung Kencana di Balai Sidang Senayan (1986).
 
Setelah itu, Ia bergabung dengan grup tari Bagoes Indonesia pimpinan Ratna Dhumilah dan juga bergabung dengan group tari Studio 26 pimpinan Ati Ganda. Bersama mereka. Aktif mengisi acara di berbagai kesempatan. Bersama Ati Ganda, ia tampil dibeberapa acara dan sempat menjadi penari latar di acara musik TVRI seperti Aneka Ria Safari dan Selekta Pop. Pengalamannya tampil di televisi membuat ia berkesempatan untuk bergabung dengan Papiko dan menjadi penari untuk beberapa tampilan operet arahan Titiek Puspa. Bersama dengan Bagoes Indonesia, Studio 26 dan Papiko, akhirnya ia dapat mengembangkan diri menjadi seorang koreografer.
 


IDF 2010 Street performance

Setelah merasa matang sebagai koreografer, peraih penghargaan Video Musik Indonesia 2000 sebagai koreografi terbaik untuk video klip ‘Wulan Merindu’ dengan penyanyi Cici Faramida ini, mendirikan dan memimpin grup tari Art Production. Lewat grupnya tersebut, ia sempat mengisi berbagai acara seperti Telkomania di salah satu televisi swasta. Juga pernah menangani koreografi  dan pengarah gaya sejumlah video klip sejumlah artis penyanyi tanah air, diantaranya untuk penyanyi Titi DJ (Tak Akan Ada Cinta yang Lain, Sang Dewi, Ekspresi), Hedi Yunus (Hanya Sebatas Mimpi), Shanty (Oh Kasih), Yana Yulio (Cinta Tak Pernah Berdusta) dan grup vokal Bukan Bintang Biasa (Lets Dance Together).

 
Sejak dulu ia ingin menjadi koreografer pada sebuah pertunjukan drama musical. Keinginannya untuk ikut mengembangkan drama musical di Indonesia akhirnya terwujud, setelah ia terlibat sebagai sutradara dan koreografer beberapa pertunjukan drama musical, seperti : ‘Sehari Dengan Sherina’ (2000), ‘Untuk Aceh Dari Negeri’ bersama Glenn Fredly, Rio Febrian, Andien, Uci Nurul dan AFI Junior. Drama Musikal ‘Kupu Kupu’ karya Titiek Puspa yang menampilkan Delon, AB Three, Titi DJ, Peterpan, Project Pop, Irgi Fahrezi dan Inul Daratista.  ‘Operet Bobo Bobumba’ (2007), ‘Operet HUT POLRI’ (2009) yang menampilkan Judika dan Lea Simanjuntak. Bersama Art Swara Production menampilkan ‘Gita Cinta The Musical’ yang dipetik dari novel laris Gita Cinta Dari SMA karya Eddy D Iskandar di Graha Bhakti Budaya, TIM, 19 – 20 Maret 2010 lalu.
 
Dikenal juga sebagai pengarah pertunjukan, koreografer, sutradara pertunjukan dan juri di beberapa acara stasiun televisi swasta, antara lain menjadi pembimbing para peserta adu bakat Akademi Fantasi Indosiar (AFI), pelatih koreografi finalis Indonesia Idol, serta menjadi juri untuk acara Mendadak Dangdut, sebuah acara kontes dangdut yang pesertanya adalah selebritis
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Ari Wisaksono
 
Pencapaian :
Video Musik Indonesia sebagai koreografi terbaik untuk video klip Wulan  Merindu  penyanyi Cici Faramida
 
Karya Koreografi Video Klip :
Wulan Merindu
(Cici Faramida),
Tak Akan Ada Cinta yang Lain, Sang Dewi, Ekspresi (Titi DJ),
Hanya Sebatas Mimpi
(Hedi Yunus),
Oh Kasih (Shanty),
Cinta Tak pernah Berdusta
(Yana Yulio),
Lets Dance Together
(Bukan Bintang Biasa)
 
Sutradara dan Koreografer
drama musical :
Sehari Dengan Sherina (2000),
Untuk Aceh Dari Negeri Kupu Kupu
Operet Bobo Bobumba (2007),
Operet HUT POLRI (2009),
  Gita Cinta The Musical (2010)

You may also like...