Clara Ng


Penulis
Clara Ng
 
 
 
Bernama lengkap Clara Regina Juana. Penulis berbintang Leo ini lahir di Jakarta tahun 1973. Ia merupakan lulusan dari Ohio State University, Amerika Serikat, jurusan Interpersonal Comunication. Dahulu tidak pernah bercita-cita menjadi penulis, namun kini karya-karyanya mengalir tanpa henti.
 
Novel pertamanya di terbitkan pada tahun  judul ‘Tujuh Musim Setahun’ (Dewata Publishing), yang langsung melejitkan namanya sebagai salah satu novelis berbakat di Indonesia. Setelah sempat vakum, ia melakukan comeback dengan menjadi pelopor genre Metropop pada pertengahan tahun 2002 dengan menerbitkan novel keduanya yang berjudul ‘Seri Indiana – Blues’, yang merupakan buku pertama trilogi Seri Indiana.
 
Tahun 2005, ia kembali menerbitkan karyanya. Tak tanggung-tanggung ia langsung menerbitkan dua novel sekaligus pada awal tahun, yakni ‘Seri Indiana – Lipstick’ dan ‘The (Un)Reality Show’.  Pada bulan Juni di tahun yang sama, ‘Seri Indiana – Bridesmaid’ (GPU, 2005) terbit, melengkapi trilogi Indiana Chronicle. Di bulan Maret dan April 2006, Clara Ng kembali menerbitkan novel ‘Utukki: Sayap Para Dewa’ dan ‘Dimsum Terakhir (GPU, 2006)’. Selanjutnya di tahun 2007, selain menerbitkan novel ‘Tiga Venus’ pada awal tahun, novelnya yang berjudul ‘Gerhana Kembar’ dipilih menjadi cerita bersambung di harian Kompas selama bulan Oktober 2007 sampai Februari 2008.
 
Sebagai wujud kecintaannya pada anak-anak, istri Nicholas Ng ini juga menulis buku anak-anak. Seri pertama buku anak-anaknya adalah ‘Berbagi Cerita Berbagi Cinta’, yang terdiri atas tujuh buku. Salah satu buku dalam seri ini, yang berjudul ‘Gaya Rambut Pascal’ memperoleh penghargaan Adikarya Ikapi untuk cerita anak pada tahun 2006. Tahun 2007, ia kembali memperoleh penghargaan Adikarya Ikapi untuk salah satu buku anak-anak dari sembilan buku dalam seri Sejuta Warna Pelangi, berjudul ‘Melukis Cinta’. Di tahun 2008, ia mengeluarkan seri terbaru yang terdiri atas lima buku, berjudul ‘Bagai Bumi Berhenti Berputar’. Beberapa cerpennya dimuat di media-media nasional, diantaranya cerpen ‘Rahasia Bulan’ (kumpulan cerpen LGBT berjudul sama, GPU, 2006). Pada bulan Agustus 2008, sejumlah cerpennya tersebut dikumpulkan dan dimuat dalam kumpulan cerita pendek berjudul ‘Malaikat Jatuh’.
 
Baginya, menjadi penulis adalah profesi yang soliter dan berat. Ia mengaku bahwa ia menulis karena usia ini singkat dan begitu banyak yang harus diungkapkan. Ia menulis karena ia tidak abadi tapi ceritanya imortal. Ia menulis karena hidup lekang sementara imajinasi seluas alam semesta. Ia menulis karena ia tidak punya sayap sementara komitmennya terhadap seni dapat mengantarnya ke langit ketujuh.
 
Sampai saat ini, direktur sebuah perusahaan buku anak-anak ini masih terus memelihara kegelisahan yang menjaga komitmennya untuk terus menulis. Segala kritik, caci-maki, gosip, serta saran juga membuatnya belajar untuk rendah hati. Di antara semua itu ia tak henti-hentinya bersyukur atas segala dukungan sahabat-sahabat yang mendukung komitmennya sebagai pekerja seni di dunia sastra Indonesia.
 
Nominator Khatulistiwa Literary award 2011 untuk novel ‘Jampi-Jampi Varaiya’ ini, juga sempat diundang menjadi pembicara dia acara Festival Sastra Internasional Ubud Rearder Festival 2009 dan 2010 di Bali.   
 
(Dari Berbagai Sumber)
 

Nama :
Clara Regina Juana
 
Lahir :
Jakarta, 1973
 
Pendidikan :
Ohio State University jurusan Interpersonal Comunication, Amerika Serikat
 
Penghargaan :
Penghargaan Adikarya Ikapi untuk cerita anak (2006, 2007 & 2008),
Terpilih sebagai 15 most inspired women 2010 versi majalah franchise Amerika Serikat More
 
Karya Novel :
Tujuh Musim Setahun
(Dewata Publishing, 2001),
Seri Indiana :  Blues (Gramedia Pustaka Utama, 2002),
The (Un)Reality Show
(Gramedia Pustaka Utama, 2005),
Seri Indiana : Lipstick (Gramedia Pustaka Utama, 2005),
Seri Indiana :Bridesmaid (Gramedia Pustaka Utama, 2005),
Utukki: Sayap Para Dewa (Gramedia Pustaka Utama, 2006),
Dimsum Terakhir (Gramedia Pustaka Utama, 2006)
Rahasia Bulan (Gramedia Pustaka Utama (2006),
Tiga Venus (Gramedia Pustaka Utama, 2007),
Gerhana Kembar (Cerita bersambung Kompas 2007-2008),
Tea for Two (Gramedia Pustaka Utama, 2009),
Jampi-Janpi Varaiya (Gramedia Pustaka Utama, 2010)
 
Kumpulan Cerpen :
Malaikat Jatuh dan Cerita-Cerita Lainnya (Gramedia Pustaka Utama, 2008)
 
Antologi Sastra :
Rahasia Bulan (Gramedia Pustaka Utama, 2006),
Un Soir du Paris (Gramedia Pustaka Utama, 2010),
Si Murai dan Orang Gila (DKJ, 2010)
 
Cerita Anak/Dongeng :
Seri Berbagi Cerita Berbagi Cinta – 7 Cerita (Gramedia Pustaka Utama, 2007),
Seri Bagai Bumi Berhenti Berputar – 5 Cerita (Gramedia Pustaka Utama, 2009),
Sejuta Warna Pelangi,
Seri Dongeng Tujuh Menit : Bugi Hiu Suka Senyum, Air Mata Buaya, Wayang Sebelum Tidur, Padi Merah Jambu, Kancil Anak Baik, Ketahuan, Upik Main Bola (Gramedia Pustaka Utama, 2010) 
 
Cerpen :
Rahasia Bulan (2006),
Malaikat Jatuh (2008),
Black Jack (2013)

You may also like...

Leave a Reply