Derry Syrna

Seniman Teater
Dery Syrna
 
 
 
Keturunan Minangkabau. Sejak kecil sudah dekat dengan kegiatan seni panggung. Tari, nyanyi, menabuh gamelan Bali dan Sunda, piano sudah dilakukan sejak masih anak-anak. Ketika berkuliah di Universitas Trisakti jurusan arsitektur, ia mulai aktif dengan dunia teater selain ikut grup folksong.
 
Aktif di Studi Klub Teater Bogor pimpinan Machdam dan juga Teater Mandiri pimpinan Putu Wijaya. Tahun 1974, ia mendirikan Teater Keliling bersama Rudolf Puspa yang juga suaminya dan menjadi pimpinannya hingga sekarang. Aktif keliling Indonesia, negara-negara ASEAN, Korea Selatan, Pakistan, Mesir, Rumania dan Australia bersama Teater Keliling. Menjadi juri lomba teater, puisi di Jakarta dan juga juri Festival Teater International di Rumania.
 
Menulis makalah teater di seminar teater internasional di Polandia mengenai teater yang berkeliling dan kendalanya yang diterjemahkan ked alam bahasa Inggris, Perancis, Spanyol dan Polandia. Di bidang arsitetur bersama kawan-kawannya mendirikan PT. Nirmana Delta yang bergerak dibidang rancang-bangun dan selanjutnya mendirikan Yayasan Cipta Budaya Indonesia yang bergerak dibidang kebudayaan bagi pencerdasan anak bangsa.
 
Hingga tahun 2006, telah memimpin produksi teater keliling sebanyak 1306 kali pertunjukan dan mendapat banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri bahkan penghargaan lingkungan dari Menteri Negara Lingkungan Hidup tahun 1984 dan 1992 di Jakarta.
 
Ia merasa sangat gembira diberi kepercayaan Pusat Bahasa Depdiknas untuk menjadi pembina bengkel teater karena sangat sesuai dengan keinginannya menyeimbangkan kegiatan otak kanan dan kiri sehingga bangsa ini menjadi semakin jauh dari sifat kasar dan kekerasan. Sebagai pelatih teater bagi siswa dan guru sering dikirim Pusat Bahasa ke daerah sejak 2004 hingga sekarang.
 
Kegiatan di bidang sosial budaya ini ditekuni karena dengan menjalin kerjasama dengan banyak orang dari berbagai latar belakang sosial budaya, banyaknya aktifitas yang dijalaninya semakin menyadari bahwa hidup hanya sementara di dunia dan bukan kekayaan duniawi yang dijadikan ukuran ketika menghadap Tuhan.
 
Menikah dengan sesama penggiat teater, Rudolf Puspa di tahun 1979. Dikaruniai 2 orang putri, Dolfry Inda Suri dan Sesarina Puspita.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Hj. Ir. Dery Syrna
 
Lahir :
Jakarta, 4 November 1949
 
Pendidikan :
SD Perguruan Cikini (1962),
SMP Perguruan Cikini (1965),
SMAN 7 (1968),
LPK Tarakanita (1969),
Jurusan Arsitektur Universitas Trisakti (1993)
 
Profesi :
Arsitek,
Direktur Utama PT Nirmana Delta,
Pemain Teater,
Sutradara,
Pimpinan Produksi,
Ketua Yayasan Cipta Budaya Indonesia
 
Pencapaian:
Piala Fragmen Anak-anak (1957),
Art Director Terbaik (2000),
Penyutradaraan di Lampung-Kalteng-Bali (1979-2006),
Penghargaan Lingkungan Hidup (1984 dan 1992)

You may also like...