F. Rahardi


Penulis
F. Rahardi
 
 
 
Lahir di Ambarawa, Jawa Tengah, 10 Juni 1951. Berlatar belakang pendidikan SMA (hingga kelas dua) dan SPG/KPG. Pernah melakoni beragam profesi diantaranya menjadi petani, guru Sekolah Dasar (di Kendal, Ungaran, Ambarawa dan Yogyakarta), Pemimpin redaksi majalah Trubus, kini ia menjadi penulis tetap untuk Harian Kontan, majalah Business News dan Flona.
 
Hasil karya kumpulan sajaknya antara lain, Soempah WTS (1983), Catatan Harian Sang Koruptor (1985), Silsilah Garong (1990), Kentrung Itelile (1993), Petani Berdasi (1994) dan Pidato Akhir Tahun Seorang Germo (1997). Ia juga menulis prosa lirik Migrasi Para Kampret dan Negeri Badak (2009), serta novel Lembata, Ritual Gunung Kemukus, dan Para Calon Presiden. Disamping itu, ia juga menjadi editor dalam antologi Dari Negeri Poci 2 dan Cerita dari Hutan Bakau. Hasil karya sajak dan cerpennya pernah dimuat di Kompas, Horison, dan Basis.
 
Bermukim Kampung Tipar, Desa Mekarsari, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, tinggal di rumahnya yang teduh oleh rimbun hijau pepohonan yang di tempatinya sejak tahun 1984. Kegiatan menulisnya di pusatkan di dalam rumah.Bagi Rahardi, rumah adalah tempat untuk tinggal dan bekerja. Waktu menjadi pemred Trubuspun ia lebih banyak menulis di rumah. Kantor digunakan untuk urusan manajerial.
 
Peraih Penghargaan Anugerah Sastra Khatulistiwa tahun 2009 untuk kategori prosa terbaik lewat novel Lembata ini, sempat mendapat banyak perhatian ketika ia membaca puisi karyanya Soempah WTS di TIM ketika ia menyertakan PSK dalam pementasannya (1983). Menikah dengan Sri Winarti dan di karuniai tiga orang anak.
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Nama :
Rahardi
 
Lahir :
Ambarawa, Jawa Tengah,
10 Juni 1951
 
Pendidikan :
SMA (hingga kelas dua)
SPG/KPG
 
Karier :
Petani,
Guru SD,
Pemred majalah Trubus,
Penulis Tetap Harian Majalah Business News dan Flona
 
Karya Kumpulan Sajak :
Soempah WTS (1983),
Catatan Harian Sang Koruptor
(1985),
Silsilah Garong (1990)
Kentrung Itelile (1993),
Petani Berdasi (1994),
Pidato Akhir Tahun Seorang Germo (1997)
 
Karya Prosa :
Migrasi Para Kampret
Negeri Badak (2009)
 
Karya novel :
Lembata,
Ritual Gunung Kemukus,
Para Calon Presiden
 
Penghargaan :
Anugerah Sastra Khatulistiwa untuk kategori Prosa terbaik lewat novel Lembata (2009)     

You may also like...