Fahmi Alatas

Nama :
Achmad Fahmi Alatas
 
Lahir :
Jakarta, 8 Juli 1959
 
Pendidikan :
Belajar komposisi pada Slamet Abdul Sjukur di LPKJ/IKJ (hingga 1983)
 
Profesi :
Arranger Musik,
Pemain Bass,
Pengajar Musik,
Komponis
 
Penghargaan :
Pemenang Pertama dalam Asian Composer League di Yogya dan Solo (1999)
 


Fahmi Alatas
 
 
 
Lahir di Jakarta, 8 Juli 1969, dengan nama asli Achmad Fahmi Alatas. Belajar bermusik, bermain gitar, belajar teori musik secara otodidak sejak tahun 1977. Tahun 1980, Fahmi Alatas belajar komposisi pada pianis  Slamet Abdul Syukur di LPKJ(IKJ) hingga 1983. Sempat mengikuti lokakarya komposisi dengan Ton De Leuw, seorang komponis asal Belanda (1981 & 1983) di IKJ.
 
Membuat aransemen untuk Studio Orchestra TVRI dan bermain bass listrik, main dalam beberapa band. Komponis dan pembuat aransemen (1984-1987) ini, pernah bermusik di Jazz Spot Jakarta (1986), lokakarya Komponis dengan Philip Corner (komponis USA di IKJ) dan bekerja untuk industri rekaman musik. Ia juga mengajar bass listrik di beberapa sekolah musik, membuat pertunjukan multimedia ’Gokil’ dengan Ray Sahetapy di Onchor Studio (1990) dan membuat musik untuk film ‘Boneka dari Indiana’, sebuah film terakhir karya Sutradara Komedi Nyak Abas Acub.
 
Belajar tentang filsafat Cina (1994), membuat pertunjukan Labyrinth dan instalasi di Mojosongo, Solo. Pernah bekerjasama dengan komponis muda asala Kanada, Stephen Dirkes, dalam acara ‘Sharing Time’ di Taman Budaya Solo. Sejak 1995, Fahmi mulai membuat musik untuk sinetron, membuat musik untuk pementasan teater dan tari, bekerjasama dengan I Wayan Sadra, Philip Corner dan Jeffar Lb Gaol dalam acara Healing Movement Teacher di Mojosongo, Solo (1998).
 
Tahun 1999, menjadi pemenang pertama dalam Asian Composer League di Yogya dan Solo. Membuat musik kontemporer untuk CCF Jakarta dalam acara ‘Trois Composer’ (2000). Membuat musik untuk mendukung Instalasi Agoes Jolly ‘Substation’ di Singapura (2000).
 
Sejak 1999, ia bekerjasama dan menulis untuk beberapa pemain (Robin Clavreul, pemain  Cello asal Perancis dan Jean Paul Mina Bella pemain Arpegina asal Perancis). Tahun 2002, bekerjasama dengan Chi Body Theater’ Taiwan, di Teater Utan Kayu dan Pantai Bagus Ancol.
 
(Dari Berbagai Sumber)

You may also like...