Hanny Herlina

Koreografer
Hanny Herlina
 
 
 
Lahir di Jakarta, 1 Desember 1976. Mulai belajar tari Sunda sejak umur 6 tahun di Studio Tari Ekayana. Untuk memperdalam pengetahuannya tentang tari SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) mengambil jurusan tari, berkesempatan mengikuti pertukaran pelajar di Mount Erin High School, Australia. Setelah lulus tahun 1997, ia masuk Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan memilih jalur tari.
 
Berbagai workshop telah ia ikuti, beberapa diantaranya workshop tari dengan Min Tanaka (Body Weateher), workshop tari dengan Astad Daboo (Khatak dan Khatali) yang diadakan oleh yayasan Kelola di Solo (2003), workshop tari Japin Melayu oleh Tom Ibnur, yang diselenggarakan di IKJ, dan workshop Combines Indian Khatak Movement with Fast and Farious Contempory Dance oleh Akram Khan yang diselenggarakan oleh British Council dan IKJ, ia pun mengikuti workshop dari Schaubuehne Berlin, yang diberikan oleh Juan Kruz Diaz se Garario Esnaok, dengan penyelenggara Goethe Institute dan IKJ. Semua itu ia ikuti pada tahun 2001. Ia juga mempelajari beberapa jenis tari Topeng dan tari Jawa dari mimi Rasinah (alm) dan Wangi Indriya (Indramayu), I Made Sidja (Bona, Bali), Kartini (Losari) dan Retno Maruti (Jakarta). 
 

Pada Showcase Indonesian Dance Festival 1999, bersama Aldri dan Ita Wijayanti, ia mementaskan karya Mba-bu di IKJ. Di tahun 2000, ia mentas keliling Yogya, Jambi, Padang dan Medan, membawakan karya Deddy Luthan dengan karya Abad dan ditahun  yang sama, ia menciptakan karya ‘Impian’ dan ‘Curent’ yang dipergunakan untuk ujian komposisi.

 
Tahun 2001, ia menciptakan karya ‘Niti’ yang dipentaskan pada acara Pekan Karya Tari dan Musik di Gedung Kesenian Jakarta dan Graha Bhakti Budaya TIM pada acara Ulang Tahun TIM. Tahun 2002, karyanya ‘Bangun’ dipentaskan di Teater Utan Kayu, karya ‘Kepak Sayap Putih’ dipentaskan pada Temu Koreografi Wanita di Teater Besar STSI Surakarta. Kembali karya ‘Bangun’ dipentaskan di Teater Utan Kayu Jakarta dan Gedung Kesenian Societet Yogyakarta pada tahun 2003. Menyusul karya lainnya ‘Saat Menutup Saat Membuka’ yang dipentaskan pula di Sono Seni Solo.
 
Sebagai koreografer, ia telah menghasilkan beberapa karya tari, antara lain : ‘Can You Help Me?’ (2011), ‘Sinjang’ (2008), ‘Saloka’ (2007), ‘There/Inside’ (2005), ‘Saat menutup Saat Membuka’ (2004), ‘Bangun’ dan ‘Kepak Sayap Putih’ (2002) dan lainnya. Selain itu, ia juga membantu baik sebagai penari maupun pelatih untuk beberapa koreografer dan sutradara antara lain : Min Tanaka (Jepang), Chen Shi Zhen (USA), Retno Maruti, Sardono W. Kusumo, Deddy Luthan, Sentot S. Mugiyono Kasido dan seorang seniman teater, Yudi A. Tadjudin.  
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Hanny Herlina
 
Lahir :
Jakarta, 1 Desember 1976
 
Pendidikan :
SMKI Negeri Bandung,
Mount Erin High School, (Australia)
IKJ jurusan Tari (1997)
 
Karya :
Impian (2000),
Curent (2000),
Niti (2001),
Bangun (2002),
Kepak Sayap Putih (2002),
Bangun (2003),
Saat Menutup saat Membuka (2003),
There/Inside (2005),
Saloka (2007),
Sinjang (2008),
Can You Help Me? (2011)

You may also like...