I Kadek Suardana

Seniman Tari
I Kadek Suardana
 
 
 
 
Lahir di Banjar Tainsiat, Denpasar, Bali, 1956. Menyelesaikan pendidikan di Konservatori Musik Tradisional (KOKAR) dan kemudian melanjutkan belajar di Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) namun tidak tamat. Hijrah ke Jakarta mendalami pengetahuan tentang produksi teater. Sekembalinya ke Bali, ia mendirikan Grup Teater kontemporer Sanggar Putih (1980-1990), yang mementaskan karya-karya Shakespeare, Macbeth, dalam berbagai versi.
 
Menjadi komposer dan menulis dramaturgi untuk Australian based The One Extra Company’s production Dancing Demons (1990) berdasarkan cerita Ramayana. Menjadi komposer Goetenberg Opera Ballet (Swedia) untuk pementasan karya Bima (1996). Tahun 1998 ia ikut mengarap soundtrack untuk drama televisi Api Cinta Antonio Blanco produkis Jatayu Cakraawala Film, yang berhasil meraih piala Vidia di Festival Sinetron Indonesia 1998.
 


Sri Tanjung : The Scent Of Innocence (2009)

Tahun 1998, mendirikan Yayasan Arti Denpasar bersama Gde Aryantha Soethama, Dewa Gede Palguna dan Ulf Gadd. Di bawah pimpinannya, Yayasan Arti Denpasar telah memproduksi berbagai pementasan tari yang yang didasarkan pada seni tradisional seperti Gambuh Macbeth (1998) Ritus Legong (2002), Tajen I ( 2002) dan Tajen II (2006). Juga aktif memberikan pengetahuan tentang tari Bali di beberapa organisasi kebudayaan di Tokyo dan Kanagawa, Jepang.

Dikenal sebagai penyelenggaraan Festival Seni Perdamaian/FSP di Taman Budaya Denpasar (2002). Melalui FSP, ia ingin membuktikan sekaligus memberi pengaruh bahwa keberagaman itu indah, keberagaman bisa saja muncul dari dunia kesenian, namun tak akan membuat dunia hancur. Pada 8 Maret 2009, bersama Mari Nabeshima menggarap drama tari ‘Sri Tanjung : The Scent of Innocence’, di TIM. Kemampuan dan keahlian seniman ini tidak diragukan lagi, puluhan karya seni tari dan musik modern berhasil diciptakannya namun tetap memegang teguh nilai-nilai tradisi dalam kesenian Bali.
Pendiri Sanggar Putih (1980) dan pemimpin Festival Umbul-Umbul (2004) ini wafat di Guangzhou, Tiongkokok, akibat penyakit kanker pankreas, pada 8 Oktober 2013. Ia berada di Guangzhou, Tiongkok, untuk menjalani perawatan terapi kanker.  
(Dari Berbagai Sumber)  

Nama :
I Kadek Suardana
 
Lahir :
Banjar Tainsiat, Denpasar,
Bali, 1956
 
Wafat  :
Guangzhou, China,
 8 Oktober 2013
 
Pendidikan :
Konservatori Musik Tradisional (KOKAR),
Akademi Seni Tari Indonesia (tidak tamat)
 
Pencapaian :
Peraih Piala Vidia pada Festival Sinetron Indonesia sebagai penata soundtrack drama televisi Api Cinta Antonio Blanco (1998)
 
Karya Tari :
Sri Tanjung : The Scent of Innocence (2009)

You may also like...

Leave a Reply