Jerry Thung

Pelukis
Jerry Thung
 
 
 
Lahir di Bogor, Jawa Barat, 8 Juli 1962. Lulusan Institut Kesenian Jakarta jurusan seni lukis tahun 1994 ini gemar menggambar dan bermain musik sejak kecil. Setelah lulus SMA, ia mulai serius menekuni dunia lukis dengan membuat lukisan foto. Untuk lebih menguasai detail tentang cara pembuatan lukisan, ia melakukan observasi ke Pasar Seni Ancol dan mempelajari teknik menggambar dari seniman yang ada disana. Selanjutnya, mulai membuat lukisan dan karyanya tersebut dijual dan uang hasil dari penjualan karyanya tersebut dipakai untuk membiayai kuliah di IKJ.
 

Memilih menekuni seni lukis karena merasa bahwa generasi pedagang pada garis keturunannya telah usai. Kakek buyutnya adalah bagian dari kelompok konglomerasi Tionghoa, ‘Kioe Seng Liong’ (9 Naga Bersaudara) yang berdiri pada tahun 1856 di Bogor. Namun ayahnya, Johnny Thung malah memilih bergiat di sepak bola (Persatuan Sepakbola Bogor) hingga menjadi kapten tim, dan saat wafatnya masih berstatus sebagai wasit PSSI Komda Jawa Barat.
 
Pelukis impresionis ini telah lama mendalami pemahaman spirit Buddha dan Tionghoa melalui karya-karyanya. Ia tertarik pada filosofi kehidupan manusia di balik citra dan sikap Buddha, aksara Tionghoa, dan mudra (bahasa tangan Budha) yang coba dikaitkannya dengan simbol akhlak, emosi dan nafsu duniawi. Bahkan Proses eksplorasi budaya Tionghoa telah dilakukannya pada saat membuat tesis dengan Taoisme untuk ujian akhir di Institut Kesenian Jakarta.


Mudra

 
Memahami budaya Tionghoa, baginya, adalah kewajiban karena ia berdarah Tionghoa. Tak sekadar menelusurinya, ia mewujudkan dalam karya-karya lukisnya. Lukisan-lukisannya yang bervisualisasi kaligrafi Tionghoa sudah mulai ditampilkannya dalam pameran sejak 1995. Selain itu ia juga meminati cerita silat karya Kho Ping Hoo dan juga mempelajari ilmu bela diri kungfu. Ia juga menganggap budaya Tionghoa sudah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia. Maka gerak kesenian yang selama ini dilakukannya justru bertolak dari minat untuk memperkaya khasanah seni rupa Indonesia.
 
Pelukis yang juga pandai memainkan guitar, banjo, ukulele, sitar, serta tabla dan kerap menampilkan karyanya yang berbau seksual ini, menetap di bilangan Cinere, Jakarta Selatan. Menikah dengan Barbara, dikarunia dua orang anak, Jedia dan Jaira.
 
(Dari Berbagai Sumber)
 

Nama :
Jerry Thung
 
Lahir :
Bogor, Jawa Barat,
8 Juli 1962
 
Pendidikan :
SMP Mardi Yuana Bondongan, Bogor (1977),
SMAN 1, Bogor (1981),
Jurusan Seni Lukis Institut Kesenian Jakarta (1994)
 

You may also like...

Leave a Reply