Keenan Nasution

Nama :
Radha Krisnan Nasution
 
Lahir :
Jakarta, 5 Juni 1952
 
Pendidikan :
SAA
(sekolah Asisten Apoteker)
 
Karya :
Dibatas Angan-Angan (1978),
Tak Semudah Kata-Kata (1979),
Akhir Kelana (1980),
Beri Kesempatan (1981),
42nd Street (1982),
Dara-dara (1984),
Kupu-Kupu Cinta (1986),
Bunga Asmara (1990),
Dengarkan…….Apa yang Telah Kau Buat ? (2007)
 


Keenan Nasution
 
 
 
Nama lengkapnya Radha Krisnan Nasution. Lebih dikenal dengan nama panggilann Keenan. Dia seorang musikus pop yang dianggap membawa warna baru dalam khasanah musik Indonesia. Menikah dengan Ida Daniar Royani atau yang lebih dikenal dengan nama Ida Royani pada 25 November 1979 di Jakarta, yang telah bercerai dengan bangsawan asal negerijiran, Tengku Abdul Aziz.
 
mulai dikenal lewat keanggotaannya dalam grup musik Guruh Gipsy pimpinan Guruh Soekarno (1977). Sejak Guruh menggaungkan tema cinta tanah air lewat album ‘Guruh Gipsy’, banyak musisi muda mengikutinya. Keenan Nasution termasuk salah seorang yang mengembangkan tema baru tersebut. Tapi patriotisme Keenan lain. Ia tampil di TIM Jakarta pada November 1978, panggung diapit sepasang merah putih ukuran raksasa. Di latar belakang disemprotkan slide, di antaranya gambar Garuda. Selagi musik menggebu-gebu, angin berembus kencang mengibaskan bendera. Dan ketika lagu terakhir Negeriku Cintaku dibawakan, di kedua sisi panggung dinyalakan lampu fosfor yang mencorong sambil mengepulkan asap dahsyat. Pada saat itu, hal tersebut dianggap sudah masuk dalam ranah teater.
 
Pernah diminta Prof. Emil Salim menciptakan musik tentang lingkungan alam (1979), tapi ia menolak. Pernah menjadi illustrator musik untuk film Roda-Roda Gila (1978). Di rumahnya yang dilengkapi sebuah masjid kecil, ada grup pengajian yang beranggotakan sekitar 50 orang. Semuanya anak muda. Pada bulan Mei 2007, ia merilis album kompilasi pertama, yang  menyajikan beberapa hit, seperti Nuansa Bening, Negeriku Cintaku, Jamrud Khatulistiwa dan Indonesia Mahardhika.  Keenan telah memainkan peranan sebagai pelopor bagi musisi generasinya.
 
(Dari Berbagai Sumber)

You may also like...

Leave a Reply