La Rose


Penulis
La Rose
 
 
 
 
Lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, tahun 1933, menghabiskan masa kanak dan remajanya di Desa Naongan, Manado, Sulawesi Utara. Pada masa kecilnya, ia bercita-cita menjadi dokter, namun, lantaran bosan dengan pelajaran berhitung.
 
Kendati sudah menulis sebelumnya, ia justru terkenal pada waktu membanjirnya majalah-majalah wanita. Ia menulis apa saja tentang wanita, lelaki, cinta, dan rumah tangga. Nama penanya, La Rose, menunjukkan kegemarannya pada bunga mawar
 
Di majalah Kartini, misalnya, ia menjadi pengasuh rubrik “Cinta Sejuta Rasa Bersama La Rose”. Pada majalah Asri, ia menulis Makna Sebuah Rumah. Ia juga menulis cerita bersambung dan cerita pendek. Sedikitnya sudah 14 judul novel telah dihasilkannya. Di antaranya, Wajah-Wajah Cinta, Chairiah, Jalan yang Sepi, dan Kebenaran di Balik Kenyataan yang berlatar belakang masa revolusi. Novelnya Benang-Benang Kusut, diterbitkan pula di Malaysia.
 
Tulisannya cenderung blak-blakan, Juga dalam melukiskan adegan percintaan, sehingga ia dituduh terlalu berani menulis tentang seks, ia berkilah, “Saya menulis tentang perjalanan hidup manusia,” ujar wanita yang menamatkan berpendidikan sampai tingkat SLA, namun menguasai bahasa Inggris, Belanda dan Prancis ini.
 
Wanita yang gemar membaca buku karangan Iqbal, Khalil Gibran dan dan Ghazali ini juga merancang mode dan melukis. Bersama suaminya, Dhamar Sosrodanukusumo, seorang wiraswastawan, membuka bisnis jahit-menjahit, berpapan merk Don Rio, di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Jenny Mercelina Laloan
 
Lahir :
Pekalongan,
Jawa Tengah, 1933
 
Pendidikan :
SLA
 
Profesi :
Penulis tetap majalah Kartini, Penulis tetap majalah Asri,
Novelis,
Perancang Mode,
Direktris Don Rio
 
Karya Novel :
Wajah-Wajah Cinta,
Chairiah,
Jalan yang Sepi,
Kebenaran di Balik Kenyataan,
 Benang Kusut
 
 
 
 

You may also like...