Laksmi Pamuntjak


Penulis
Laksmi Pamuntjak
 
 
 
Lahir di Jakarta, 22 Desember 1971. Keluarganya adalah pemilik usaha penerbitan yang terkenal di zaman dulu, Djambatan. Menyelesaikan studi formalnya Jurusan Ilmu Politik, Studi Asia, Universitas Murdoch, Perth, Australia tahun 1993. Ketika kembali ke Jakarta, ia sempat bekerja di berbagai tempat sembari menulis untuk sejumlah surat kabar dan majalah. Media-media yang pernah menerbitkan tulisannya dalam bidang politik, sastra, musik, film dan kuliner antara lain: majalah Tempo, majalah Djakarta, Jurnal Sosial-Ekonomi Prisma, dan harian The Jakarta Post.
 
Tahun 2000, ia memutuskan kembali ke menulis buku. Namanya mencuat ketika menulis buku Jakarta Good Food Guide (2001), terinspirasi dari kegemarannya akan makanan, disamping tidak adanya buku panduan restoran di Jakarta pada waktu itu. Buku tersebut terbit kembali dengan versi terbaru The Jakarta Good Food Guide (2002-2003) dan The Jakarta Good Food Guide (2008-2009) yang diterbitkan oleh Pena Klasik, dimana ia menjadi pendirinya. Dalam pengerjaan buku tersebut, ia bersikap independent, dalam arti tak memberi tahu terlebih dahulu pihak restoran ketika ia sedang melakukan penilaian dan selalu membayar penuh. Pada tahun 2001, bersama teman-temannya yang mendirikan Toko Buku dua bahasa Aksara di kawasan elit Kemang, Jakarta Selatan.
 
Pada tahun 2004, ia menjadi editor, penerjemah sekaligus pemberi pengantar bagi buku Goenawan Muhamad: Selected Poems. Di tahun 2005, ia menerbitkan buku puisi karyanya yang berjudul Ellipsis : Poems and Prose-Poems, yang memuat 35 puisi dan masuk dalam daftar The books of the year versi The Herald, Inggris. Buku ini membuatnya menjadi orang pertama dari Indonesia yang mendapat penghargaan internasional tersebut. Tahun 2006, terbit dua buku karyanya, The Diary of R.S.: Musings on Art yang diterjemahkan ke dalam dua bahasa Perancis dan Indonesia dan Perang, Langit dan Dua Perempuan.
 
Tahun 2007 kembali menerbitkan buku The Anagram yang berisi koleksi kumpulan puisi karyanya, Elegy for the Unsaid, The Break-up, October, I See the Clouds from Both Sides Now, 35, The Embrace, The Final Hour, An Entry on Love, A Stranger in Ioa, Not For This Lifetime, Scrapbook Sunset, The Anatomy of Talk, For My Daughter, Once More, Trevi, From a Buru Notebook: where…, Daystar Murders.
 
Buku hasil karyanya yang lain yang telah terbit antara lain; Artemis in King Frederick II’s Winter, To My Parents, Who Visited My College Town, Silent Prayer for My Daughter on Her 9th Birthday, Dolphins, La Guardia One Blue Saturday Afternoon, Afternoon of the Petunias, After Bisma Defeated Salwa, Night Train Late January, Night Train Mid-March, Glass Conservatory.
 
Ia juga sering di undang menghadiri diskusi, konferensi serta acara-acara lain yang berkaitan dengan dunia sastra, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, diantaranya: Amsterdam, Florence, Paris, New York, Los Angeles, Manila, International Literary Festivals di Australia (Byron Bay Literary Festival, National Poetry Festival di Victoria), Kanada (Wordfest Literary Festival di Calgary and Banff), Hague, Hong Kong, Singapura, Ubud, Jakarta dan Kuala Lumpur.
 
Pada bulan April 2009, ia mendapat kehormatan terpilih menjadi anggota dewan juri pemberian penghargaan internasional dari Prince Claus Fund. Ia merupakan orang kedua dari Indonesia yang terpilih menjadi juri pada ajang tersebut setelah Goenawan Mohamad. Sejak tahun 2005, ia memutuskan tinggal di Singapura, bersama anaknya di daerah East Coast. Seluruh kegiatan menulisnya, ia pusatkan di dalam rumah. Sembari menekankan bahwa perannya yang utama kini adalah menulis dan menjadi ibu.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Laksmi Pamuntjak
 
Lahir :
Jakarta, 22 Desember 1971
 
Pendidikan :
Studi Asia Jurusan Ilmu Politik Universitas Murdoch, Perth, Australia
(lulus tahun 1993)
 
Penghargaan :
Ellipsis : Poems and Prose-Poems, masuk dalam daftar The books of the year versi The Herald, Inggris
 
Buku :
Jakarta Good Food Guide (2001),
The Jakarta Good Food Guide (2002-2003),
Goenawan Muhamad: Selected Poems (2004, sebagai editor, penerjemah dan pemberi pengantar),
Ellipsis :
Poems and Prose-Poems
The Diary of R.S.:
Musings on Art (2006),
Perang, Langit dan Dua Perempuan (2006),
The Anagram (2007),
Amba (Novel, 2012),
Artemis in King Frederick II’s Winter,
To My Parents,
Who Visited My College Town,
Silent Prayer for My Daughter on Her 9th  Birthday,
Dolphins,
La Guardia One Blue, Saturday Afternoon,
Afternoon of the Petunias,
After Bisma Defeated Salwa,
Night Train Late January,
Night Train Mid-March,
Glass Conservatory,
Words,
Vermont,
The Bed Last,
Shanghai Rising,
The Angel on the Balustrade,
Boys on Bourbon,
Box,
Dawn’s Antigone,
Two Women Sitting a Window Table at a Cafe

You may also like...