Nani Sakri


Pelukis
Nani Sakri
                                              
 
 
Dulu di kenal sebagai peragawati. Lahir di Yogyakarta, 25 Maret 1948. Bernama lengkap Nani Prihatani Sakri Soenarto. Ibunya Setiawati adalah pembuat dan pembaharu batik yang ikut menyumbang pada perkembangan batik Indonesia di tahun 1960-an. Sejak kecil sudah gemar mengambar dan bercita-cita menjadi pelukis. Sempat kuliah di Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung hingga tahun 1971. Namun kuliahnya terhenti dan ia kemudian terjun sebagai model. Sejak saat itu ia di kenal sebagai peragawati papan atas. Nama maupun fotonya sering kali terpampang di berbagai media.
 
Sejak tahun 1996, setelah tidak terlalu aktif lagi di pentas mode sebagai model, ia mulai terjun ke dalam dunia seni lukis. Akhirnya pada tahun 1998, ia memutuskan untuk mulai serius menekuni dunia seni lukis, dan sejak saat itulah lahir banyak karya lukis dari tangannya. Bahkan, untuk menambah pengetahuannya tentang dunia seni lukis, ia rela meluangkan waktu untuk kuliah lagi mengambil S-1 jurusan seni lukis di Institut Kesenian Jakarta, yang di selesaikannya pada tahun 2007.
 


Beauty Born Out Of Mystery

Lukisan karyanya banyak menggunakan media kanvas dan akrilik. Ia juga kerap menggambarkan nuansa keelokan perempuan, batik, buah, dan binatang dalam sajian yang simple dalam lukisannya. Tercatat ia pernah mengikuti beberapa pameran bersama serta pameran tunggal yang diadakan di berbagai tempat.
 

 
Tiga kali dalam seminggu, ia mengajar mata ajaran menggambar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanegara dan Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara. Selebihnya, waktunya ia habiskan untuk menyelesaikan lukisan di studionya yang terletak di rumahnya di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat. Rumah seluas 274 m² yang di belinya pada tahun 1979 tersebut terdiri dari dua lantai. Lantai bawahnya terdiri dari satu ruang memanjang yang ia jadikan studio melukis, dimana terdapat pula satu kamar untuk menyimpan hasil lukisannya, satu kamar untuk ruang kerja merangkap ruang komputer tempat dia merancang karya lukisnya.
 
Sekalipun kini publik mungkin lebih mengenal namanya sebagai pelukis, namun profesi sebagai model yang telah ia jalankan selama lebih dari 30 tahun tidak pernah benar-benar ia tinggalkan hingga kini, sekalipun generasi yang lebih muda telah menggantikannya. Sekali-sekali dia masih menerima undangan untuk hadir maupun tampil di berbagai peragaan busana bersama beberapa peragawati seangkatannya untuk acara-acara khusus. Penguasaannya akan pengalaman langsung dan pengetahuan atas perkembangan dunia keperagawatian Indonesia sempat pula mengantarkannya menjadi konsultan media maupun penulis kolom-kolom fashion di sejumlah media massa.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Nani Prihatani Sakri
Soenarto
 
Lahir :
Yogyakarta, 25 Maret 1948
 
Pendidikan :
Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (tidak selesai),
S-1 jurusan seni lukis Institut Kesenian Jakarta
(lulus tahun 2007)
 
Aktifitas Lain:
Pengajar mata kuliah menggambar di Fakultas Seni Rupa dan Desain Universitas Tarumanegara (Jakarta),
Pengajar Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Nusantara (Jakarta),
Peragawati,
Konsultan media,
Penulis kolom-kolom fashion
 
 

You may also like...

Leave a Reply