Nenden Lilis Aisyah

Nama :
Nenden Lilis Aisyah
 
Lahir :
Garut, Jawa Barat,
 26 September 1971
 
Pendidikan :
S-1 Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia FBPS IKIP Bandung,
S-2 di IKIP Bandung
 
Profesi :
Pengajar Jurusan Sastra Indonesia UPI Bandung
 
Aktifitas Lain :
Pendiri sekaligus Sekretaris Komunitas Sastra Dewi Sartika,
Peneliti di Women Research Institute,
Pembina Sanggar Ari KPIN,
Penasehat Komunitas Penulis Perempuan Indonesia
 
Karya Puisi yang terbit dalam Antologi :
Mimbar penyair abad 21,
Malam Seribu Bulan,
Tangan Besi,
Gelak Esai dan Ombak Sajak Anno 2002,
Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia,
Dari Fansuri ke Handayani,
Wanita Penyair Indonesia,
Nafas Gunung Bunga Berserak, Aku akan Pergi ke Banyak Peristiwa,
International Poetry Festival 2006
 
Antologi Cerpen :
Ruang Belakang
 
Pencapaian :
Terpilih dalam Cerpen Pilihan Kompas 2000,
Pemenang lomba penulisan cerpen yang diselenggarakan Pikiran Rakyat Edisi Cirebon dan Bank BTPN Cirebon,
Penghargaan dari Pusat Bahasa (2005)

Penulis
Nenden Lilis Aisyah
 
 
Lahir di Garut, Jawa Barat, 26 September 1971. Menyelesaikan pendidikan di Jurusan Pendidikan dan Sastra Indonesia FBPS IKIP Bandung dan menyelesaikan S-2 di IKIP Bandung. Pernah menjadi redaktur majalah Kampus, Isola. Aktif menulis esai, resensi, reportasi, cerpen, dan puisi di beberapa surat kabar antara lain : Kompas, Republika, Media Indonesia, Suara Pembaruan, Pikiran Rakyat, Surabaya Post, Majalah Sastra Horison, dll.
 
Puisi-puisinya terbit dalam antologi ‘Mimbar penyair abad 21’, ‘Malam Seribu Bulan’, ‘Tangan Besi’, ‘Gelak Esai dan Ombak Sajak Anno 2002’, ‘Angkatan 2000 dalam Sastra Indonesia’, ‘Dari Fansuri ke Handayani’, ‘Wanita Penyair Indonesia’, ‘Nafas Gunung’, ‘Bunga Berserak’, ‘Aku akan Pergi ke Banyak Peristiwa’ telah di terjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Belanda, Jerman dan Mandarin, bahkan Ari KPIN memusikalisasikan sajak-sajaknya dalam ‘Negeri Sihir’ dan terbit dalam bentuk kaset.
 
Cerpennya yang telah terbit antara lain dalam antologi ‘Dunia Ibu’, ‘Dunia Perempuan’, ‘Apresiasi Cerita Pendek Indonesia’ dan ‘Bulan Kertas’ yang terpilih dalam Cerpen Pilihan Kompas 2000. Antologi cerpennya ‘Ruang Belakang’ memenangkan lomba penulisan cerpen yang diselenggarakan oleh Pikiran Rakyat Edisi Cirebon dan Bank BTPN Cirebon.
 
Kerap di undang dalam berbagai kegiatan sastra, antara lain Mimbar Penyair Abad 21 (1996), Workshop cerpen Majelis Sastra Asia Tenggara, Festival de Winternachten di Den Haag, Belanda (1999), Pembacaan Puisi di KBRI, INALCO, Paris, Perancis (1999), Festival Puisi Internasional di Teater Utan Kayu Jakarta (2000), Kongres Cerpen I di Yogyakarta (2000), Festival Puisi Internasional Indonesia (2002), Diskusi dan Pembacaan Puisi di Yayasan Kesenian Perak Ipoh Malaysia (2004).
 
Selain itu, ia juga mengisi ceramah dan apresiasi sastra di berbagai sekolah dan Perguruan Tinggi di Indonesia serta aktif dalam pelatihan-pelatihan sastra. Mendirikan Komunitas Sastra Dewi Sartika (KSDS) di Bandung yang mengkhususkan diri pada pengembangan potensi, kreatifitas dan sosialisasi karya perempuan. Kini ia bekerja sebagai pengajar Jurusan Sastra Indonesia UPI, Bandung. 
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 

You may also like...