Riris Toha Sarumpaet

Penulis
Riris Toha Sarumpaet
 
 
 
Riris lahir dalam keluarga aktivis, penulis dan pendidik. Sejak usia dini ia sudah diajarkan untuk berjiwa sosial, sabar, berjiwa pemimpin dan selalu dapat berbuat baik dalam situasi apapun, dan percaya bahwa yang paling penting adalah karakter dan totalitas.
 
Baginya, masa kanak-kanak adalah saat yang paling penting untuk menciptakan dan belajar tentang kehidupan, oleh sebab itu, menurutnya sangat penting untuk memberikan buku-buku yang berkualitas kepada anak-anak. Sebagai pencerita, penulis, dan pendidik ia meneliti, mengevaluasi dan membangun daftar pustaka untuk anak-anak di Indonesia agar dapat melanjutkan workshop penulisan cerita anak.
 
Ia percaya, signifikasi yang tinggi dalam pendidikan serta daftar pustaka yang menggunakan bahasa yang bisa diterima, dapat memberikan inspirasi untuk menggunakan bahasa Indonesia melalui televisi nasional. Ia sangat konsisten untuk membangun potensi orang-orang di dunia melalui kekuatan cerita yang di tulisnya.
 
Ia selalu ingin membagi hasrat dan kerjasamanya dengan institusi pendidikan, juga departemen pemerintah. Riris masih sebagai murid sekolah waktu pertama kali permainan musiknya di pertunjukan dan mendapat penghargaan, sampai sekarang ia masih menulis cerita pendek, dan beberapa puisi sebagai salah satu jalan menyalurkan pemikiran-pemikirannya.
 
(Dari Berbagai Sumber)

Nama :
Riris K. Toha Sarumpaet
 
Lahir :
Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara,
24 Februari 1950
 
Pendidikan :
Universitas Indonesia jurusan Sastra Indonesia (1975),
Master of Science dari Universitas Indonesia (1978),
Ph.D. dari Universitas Wisconsin, Madison, Amerika Serikat (1983)
 
Aktifitas Lain :
Ketua Dewan Guru  Fakultas Ilmu Budaya  Universitas Indonesia,
Pengajar Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia,
Ketua Departemen Filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia

Karya :
Bacaan Anak-anak (1976),
Kamus Istilah Drama (1977),
Nanda (drama) (1998),
Perempuan di Rumah Tuhan (1998),
Apresiasi Puisi Remaja (2002),
Cairan Perempuan (2003)

You may also like...