Saut Situmorang


Penulis
Saut Situmorang
 
 
 
Lahir di Tebing Tinggi, Sumatera Utara, 29 Juni 1966, namun dibesarkan di Medan. Pernah tinggal selama sebelas tahun di Selandia Baru. Selama tinggal disana, ia menyempatkan diri kuliah hingga dapat menyelesaikan S-1 Sastra Inggris di Victoria University of Wellington, Selandia Baru dan kemudian melanjutkan S-2 Sastra Indonesia di Auckland University, Selandia Baru.
 
Dikedua almamaternya tersebut, ia sempat menjadi pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia selama beberapa tahun. Selain mengajar, ia juga aktif membuat sejumlah karya tulis. Sekembalinya ke tanah air kegemarannya menulis tetap ia pertahankan.
 
Kerap menulis dalam dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Karya puisi, cerpen, esai dan terjemahannya sudah di publikasikan di Indonesia, Selandia Baru, Australia dan Italia. Karya-karyanya tersebut antara lain Sport 4, Ginger Stardust, Anthology of New Zealand Haiku, Mutes & Earthquakes, Tongue in Your Ear (vol. 3 & 4), Bali-the Morning After, Empat Kumpulan Sajak, KULKUL, Antologi Puisi Indonesia 1997, Datang dari Masa Depan, Antologi Puisi “Art and Peace”, Grafiti Gratitude, Gelak Esai dan Ombak Sajak, EQUATOR, Cak dan Pelangi. Juga menerbitkan Kumpulan puisinya yang berjudul Saut Kecil Bicara dengan Tuhan, kemudian mengeditori buku kumpulan esai Cyber Graffiti : Polemik SAstra Cyberpunk (2004), serta meluncurkan buku kumpulan esei sastranya yang berjudul Politik Sastra (2009).
 
Beberapa karya tulisnya juga di muat di sejumlah media massa di Indonesia, antara lain Waspada, Horison, Analisa, Suara Pembaharuan, Kompas, Tempo, Bali Post, Nusa, Mimbar Minang dan Padang Express.
 
Beberapa kali meraih penghargaan dalam bidang sastra, antara lain mendapat Poetry Award untuk puisi-puisi bahasa Inggrisnya dari Victoria University of Wellington (1992) dan Auckland University (1997) di Selandia Baru. Menjadi pemenang pertama Lomba Haiku ‘International Poetry Competition’ yang diselenggarakan oleh New Zealand Poetry Society di tahun 1992, karyanya tersebut kemudian dikoleksi oleh museum Haiku di Kyoto, Jepang.
 
Penghargaannya lain yang pernah diterimanya adalah, pada bulan Februari 1994, diundang membaca puisi dalam program ‘New Wellington Poets’ oleh New Zealand Poetry Society di Oriental Parade Arts Centre, Wellington,  Selandia Baru. Pada bulan Desember 1999, sebuah sajaknya terpilih dalam 9 Pemenang Lomba Cipta Puisi Nasional ‘ART & PEACE’. Serta pertengahan tahun 2000 sebuah cerpennya berhasil menjadi juara satu pada Lomba Cerpen Teater Angin Denpasar.
 
Kini menetap di Denpasar, Bali, bekerja sebagai editor majalah berbahasa Inggris Bali Echo dan Surf Time. Selain, mengajar di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
 
(Dari Berbagai Sumber)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Nama :
Saut Situmorang
 
Lahir :
Tebing Tinggi,
Sumatera Utara, 29 Juni 1966
 
Pendidikan :
S-1 Sastra Inggris di Victoria University of Wellington, Selandia Baru,
S-2 Sastra Indonesia di Auckland University,
Selandia Baru
 
Pencapaian :
Poetry Award untuk puisi-puisi bahasa inggrisnya dari Victoria University of Wellington, Selandia Baru (1992)
Pemenang pertama Lomba Haiku International Poetry Competition yang diselenggarakan oleh New Zealand Poetry Society (1992),
Diundang baca puisi dalam program New Wellington Poets oleh New Zealand Poetry Society di Oriental Parade Arts Centre, Wellington, Selandia Baru (1994),
Poetry Award untuk puisi-puisi bahasa inggrisnya dari
Auckland University, Selandia Baru (1997),
Sebuah sajaknya terpilih dalam 9 Pemenang Lomba Cipta Puisi Nasional ART & PEACE (1999),
Sebuah cerpennya berhasil menjadi juara satu pada Lomba Cerpen Teater Angin Denpasar (2000)
 
Karya :
Sport 4,
 Ginger Stardust,
 Anthology of New Zealand Haiku,
Mutes & Earthquakes, Tongue in Your Ear
 (vol. 3 & 4),
Bali-the Morning After, Empat Kumpulan Sajak,
KULKUL,
Antologi Puisi Indonesia (1997),
Datang dari Masa Depan,
Antologi Puisi Art and Peace,
Grafiti Gratitude,
Gelak Esai dan Ombak Sajak,
EQUATOR,
Cak,
Pelangi,
Saut Kecil Bicara dengan Tuhan (Kumpulan puisi),
Buku kumpulan esai Cyber Graffiti : Polemik Sastra Cyberpunk (2004),
Politik Sastra (kumpulan esei sastra, 2009)

You may also like...