Soegeng


Pelukis
Soegeng
 
 
 
Dilahirkan di Juwana, Jawa Tengah pada tahun 1945. Pertama kali mengadakan pameran tunggal di Taman Ismail Marzuki Jakarta tahun 1975. Pada tahun yang sama ia hijrah ke Paris, Perancis untuk menyusul dua sahabatnya dari Teater ’Sardono’ serta sang gadis Perancis yang kelak menjadi istrinya. Bersama kedua sahabatnya tersebut dan seorang warga negara Perancis, ia mendirikan grup tari dan teater Patra Danse Theatre yang berpentas keliling Eropa dan juga memamerkan karya lukisannya.
 


Topeng Topeng

Tahun 1981 ia mendirikan group teater Topeng yang diberi nama Raga Danse theatre Masque disamping ia terus menekuni dunia seninya. Tahun 1984 sampai 1994 ia lebih banyak berteater, membuat dekor dan topeng untuk keperluan pementasan. Topeng banyak memberi inspirasi bagi karya lukis yang dihasilkannya.
 
Tahun 1997 ia kembali aktif berpameran di Paris dan beberapa kota lain di Perancis. Ditahun yang sama ia kembali ke Jakarta dan mengadakan pameran tunggal di TC Galeri. Ditahun 1998, untuk ketiga kalinya ia berpameran di Taman Ismail Marzuki.Karya lukisan Soegeng mengangkat berbagai kondisi eksistensial yang khas dari dunia barat (Perancis) dan dunia timur. Kendati demikian, Sejumlah lukisan lainnya juga cukup universal dalam menampilkan dramatisasi peri kehidupan manusiawi.
 

 
Soegeng juga seorang yang peka terhadap suasana melankoli atau solituda yang sering didambakan sebagai kesempatan untuk refleksi diri guna menemukan makna keterdamparan dalam peri kehidupan. Kesan itu kentara sekali melalui pandangan mata dan air muka sosok-sosok yang dilukisnya seolah-olah menyimpan banyak cerita tanpa mampu bicara.
 
 (Pameran Lukisan Soegeng)

Nama :
Soegeng
 
Lahir :
Juwana, Jawa Tengah, 1945
 
Pendidikan :
LKPKJ (IKJ),
Akademi Teater Nasional (ATNI),
Centre Universitaire International de Formation et de Recherche Dramatique (CUIFERD) di Nancy, Perancis
 
Kegiatan lain :
Mendirikan grup tari dan teater ’Patra Danse Theatre’ (1975), 
Mendirikan group teater Topeng yang diberi nama ’RAGA danse theatre Masque (1981)
 

You may also like...

Leave a Reply