Suromo Ds


Pelukis
Suromo Ds
 
 
Lahir di Surakarta, Jawa Tengah, 11 Oktober 1919. Anak ketiga dari ayah seorang petugas tata kota, dan ibu seorang petani. Sejak sekolah dasar ia sudah menyukai pelajaran menggambar. Menggambar pada waktu itu masih terbatas hanya dengan pensil atau kapur hitam.
 
Setelah menamatkan sekolah menengah lanjutan atas di tahun 1937, Suromo belajar mengambar pada pelukis Pirngadi di Jakarta dan juga belajar keramik, melukis kaca timah, dan tata dekorasi pada arsitek Robert Deppe di Jakarta. Mulai saat itu Suromo mulai aktif melukis dan kemudian bergabung dalam PERSAGI di bawah pimpinan S. Sudjojono dan Setyoso.
 
Pada tahun 1942 ketika Jepang menyerbu Indonesia, PERSAGI membubarkan diri. Suromo bergabung dalam sanggar Keimin Bungka Sidosho dan Putera di Jakarta Pada tahun 1943 Suromo. Suromo juga ikut turut serta dalam aksi corat-coret poster di Jakarta dan Surakarta pada tahun 1945.
 


Bedol Desa, 60 x 120 cm (1989)

Pada tahun 1946, bersama Affandi, Suromo menyelenggarakan pameran perjuangan seni lukis di gedung Universitas Indonesia Jakarta, dimana Bung Karno pada waktu itu dapat bertemu dengan Jendral Christison yang merupakan Panglima Sekutu. Ditahun yang sama ia pindah ke Surakarta, bersama S. Sudjojono dan rekan-rekan pelukis lain mendirikan Organisasi Seniman Indonesia Muda (SIM) yang berpusat di Surakarta.

 
Pada tahun 1949, Organisasi Seniman Indonesia Muda membubarkan diri karena serbuan Belanda. Suromo kemudian bergabung dengan kepengurusan Himpunan Budaya Surakarta, yang diketuai oleh Dr. Murdowo.
 
Suromo aktif mengajar dan mengasuh Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) Yogyakarta di tahun 1952. Suromo sempat menjadi peserta Biennalle di Italia untuk seni cukilan kayu pada tahun 1954. Suromo mulai berwiraswasta dan mulai melukis bebas pada tahun 1966. Pada tahun 1970, Suromo sukses menjadi pimpinan U.B Wahana Keramik, dan ia telah mengekspor hasil kerajinan keramik tersebut ke sejumlah negara antara lain Inggris, Australia, jerman dan perancis.
 
Pada tahun 1988 sampai sekarang, Suromo menekuni melukis secara profesional, dan telah menyelesaikan lebih dari 50 lukisan. Karya Suromo Ds kini dapat dinikmati di Hotel Pelabuhan Ratu berupa mozaik 32 meter persegi, relief pembangunan di Kabupaten Sragen, Temanggung dan kebun binatang Surabaya.  
 
 
(Seni Rupa Indonesia Modern Dalam Kritik dan Seni)

Nama :
Suromo Ds
 
Lahir :
Surakarta, Jawa Tengah,
11 Oktober 1919
 
Pendidikan :
SMA (1937)
 
Karier :
Mengajar di ASRI Yogyakarta (1952),
Wiraswastawan (1966),
Pimpinan U.B Wahana Keramik (1970),
Pelukis Profesional
(1988 s/d sekarang)
 
Kegiatan Lain :
Mendirikan Organisasi Seniman Indonesia Muda (1946),
Anggota Himpunan Budaya Surakarta (1949)
 
 
 

You may also like...

Leave a Reply