Yvonne De Fretes

Nama :
Yvonne De Fretes
 
Lahir :
Singaraja, Bali,
 10 Oktober 1947
 
Aktifitas Lain :
Sekretaris Himpunan Pengarang Indonesia AKSARA,
Ketua Umum Wanita Penulis Indonesia (2007-2010),
Anggota KSI,
Pendiri Forum Sastra di Padang, Sumatera barat,
Anggota Dewan Buku Nasional,
Pengajar di beberapa Perguruan Tinggi,
Konselor di beberapa Lembaga dan Perguruan Tinggi,
Pendiri Pusat Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Tiara HumaLand
 
Penghargaan :
Citra Kartini Award 2001,
Antologi 30 Wanita Penyair Indonesia,
Antologi 24 Wanita Cerpenis Indonesia


Penulis
Yvonne De Fretes
 
 
 
Lahir pada 10 Oktober 1947 di Singaraja, Bali. Menyelesaikan pendidikan di Fakultas Ekonomi dan kini tengah menyelesaikan program S-3. Pernah menjalani profesi sebagai seorang wartawan dan kolomnis tetap di sebuah harian di Jakarta, Harian Terbit Minggu.
 
Tercatat pernah menjadi sekretaris Himpunan Pengarang Indonesia AKSARA dan ketua umum Wanita Penulis Indonesia (2007-2010), Anggota KSI, Pendiri Forum Wanita Sastra di Padang, anggota Dewan Buku Nasional, dan sebagai pengajar di beberapa Perguruan Tinggi di Jakarta serta menjadi Konselor di beberapa Lembaga dan Perguruan Tinggi.
 
Dikenal pula sebagai pemerhati pendidikan, dunia buku dan minat baca. Hal ini diwujudkannya dengan mendirikan Pusat Pembelajaran & Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Tiara HumaLand dengan mengadakan Taman Baca Masyarakat, PAUD & TK di desa Bogor sebagai salah satu kegiatannya.
 
Kini ia lebih dikenal sebagai penulis sastra, Karya-karyanya banyak dimuat di majalah sastra Horison dan media cetak di pusat dan daerah. Sajak-sajaknya dimuat dalam ‘Antologi Monolog’ (1994), ‘Trotoar’ (1996), ‘Dari Negeri  Poci 3’ (1996), ‘Antologi Puisi Indonesia 1997’ (1997) serta ‘Resonansi Indonesia’ antologi puisi dwi bahasa (Indonesia-Cina, KSI, 2001). Kumpulan sajaknya yakni Sunting’ berisi kumpulan puisi bersama Upita Agustina (1995) dan ‘Pesona Gemilang Musim’ kumpulan puisi perempuan penyair Indonesia (2004).
 
Karyanya yang lain yakni Cerpen-cerpennya dimuat dalam antologi ‘Perempuan dalam Perempuan’ (1995), Kumpulan Cerpen Tunggal ‘Bulan di Atas Lovina’ (1995) serta ‘Dunia Perempuan’ kumpulan cerpen Perempuan Cerpenis Indonesia (2002). Pernah menerima penghargaan Citra Kartini Award 2001, sebagai penulis sastra. Namanya juga termasuk didalam Antologi 30 Wanita Penyair Indonesia (Korrie Layun Rampan, Balai Pustaka, 1997) dan dalam Antologi 24 Wanita Cerpenis Indonesia (Korrie Layun Rampan, Balai Pustaka, 2002).
Tahun-tahun belakangan ini , ia lebih dikenal sebagai penulis lepas.  Bidang penulisannya, antara lain meliputi masalah wanita dan keluarga, pariwisata, dan senirupa.
(Dari Berbagai Sumber)

You may also like...