Zaini


Pelukis
Zaini
 
 
 
 
Orang tuanya petani perkebunan kelapa. Sejak kanak, Zaini telah mengenal seni dengan membacakan syair-syair kerakyatan gubahan Abdullah, sang kakek. Syair-syair itu pernah diterbitkan Balai Pustaka tahun 1930. Tamat sekolah dasar, Zaini belajar di INS Kayutanam pimpinan Moh. Syafei, dan menerima pelajaran awal melukisnya dari Wakidi, empu seni lukis naturalis di Minangkabau. Pada 1942 di Jakarta, diantar pamannya pegawai POETERA ia ikut latihan melukis oleh S. Sudjojono di Keimin Bunka Shidoso. Tahun 1943, bersama Kusnadi yang dikemudian hari menjadi pengamat seni lukis Indonesia, ia belajar teknik melukis akademis dari Basuki Abdullah. Tahun 1945 ia pindah ke Yogya, bernaung di sanggar Seniman Masyarakat bentukan Affandi.
 
Tahun 1946 ia ke Madiun dan Solo, bergabung dalam Seniman Indonesia Muda (SIM) pimpinan S. Sudjojono, beranggotakan Sudibjo, Trisno Sumardjo, Oesman Effendi dan lain-lain. Pada tahun 1949 kembali ke Jakarta di sanggar bentukan Affandi, Gabungan Pelukis Indonesia (GPI) di Taman Siswa bersama kawan pelukis seangkatan, Handrio, Sutiksna, Wakidjan, Nashar, dan Djamin. Di tahun itu juga, ia dan Affandi serta Mochtar Apin menjadi panitia Pameran Seni Lukis Indonesia yang diselenggarakan Kementerian Penerangan RI dan dibuka oleh PM Sjahrir. Pameran ini berlangsung di bekas gedung Batavia Kunstkring di Gondangdia, karena kondisi keamanan yang urang memunginkan, dipindah ke Gedung Salemba yang kini menjadi Fakultas Kedokteran UI. Karya Zaini sendiri mulai disambut kritisi dan publik seni saat di tahun 1952, saat berpameran bersama Basuki Resobowo, Oesman Effendi dan Trisno Sumardjo.
 


Danau (1975), cat minyak, 90 x 120 cm

Tahun 1953 lukisannya disertakan dalam Pameran Bienalle Sao Paulo, Brasil. Tahun 1953, ia ikut mendirikan majalah Indonesia terbitan Lembaga Kebudayaan Indonesia, lalu berganti Badan Musyawarah Kebudayaan Nasional (BMKN), berpusat di Balai Budaya. Selama di BMKN (1956-1960), Zaini, Oesman Effendi dan Nashar mengadakan pelatihan melukis. Di awal 1960, bersama Oesman Effendi dan Trisno Sumardjo mendirikan Yayasan Seni & Desain Indonesia dan ruang pameran Galeri Merdeka di Jakarta.
 

 
Dipertengahan tahun 1963, Zaini menjadi salah seorang penandatangan Manifes Kebudayaan. Di tahun 1966 ia membantu Mochtar Lubis mendirikan majalah sastra Horison. Bersama Trisno Sumardjo, ia juga merintis berdirinya Yayasan Indonesia pada perayaan 25 Tahun PBB di New York. Sejak 1970-1977 ia menjadi pengajar seni lukis di IKJ. Pada tahun 1972 Pemerintah Indonesia memberikan Anugerah Seni kepadanya.
 
Menjadi anggota Komite Seni Rupa DKJ selama periode 1969-1977. Di akhir 1950-an sampai tengah 1970-an, Zaini banyak membuat ilustrasi dan sketsa di beberapa majalah kebudayaan semacam Kisah, Prosa, Seni dan lain-lain, serta pada sejumlah buku sastra terbitan DKJ dan Pustaka Jaya. Pameran karya-karyanya selain di Indonesia, telah pula diadakan di sejumlah negara, di Ljublijana, Jepang, Belanda, dan Australia, dan diundang melukis ke berbagai wilayah di Amerika Serikat, lalu dipamerkan pada tahun 1971.
 
Pameran tunggal pertamanya diselengarakan tahun 1969 di TIM, setelah di Den Haag, Belanda pada tahun 1954. Lukisannya di masa awal dikerjakan dalam teknik kapur pastel karena kagum pada karya-karya kapur pastel Sudjojono. Masa itu objek tematisnya didekati secara impresif. Setelah pertengahan tahun 1950-an, cita estetiknya berhasil menemukan kemurnian tematis dalam objeknya dengan kesan kuat pada garis dan suasana. Sejak tahun 1970-an, ia juga berkarya dalam grafis dan monotype. Pameran tunggalnya terakhir di TIM, pada Oktober 1976.
 
(Katalog Pameran Lukisan Koleksi Dewan Kesenian Jakarta, 2007)

Nama :
Zaini
 
Lahir :
Pariaman, Sumatera Barat,
17 Maret 1926
 
Wafat :
25 September 1977
 
Pendidikan :
INS Kayutanam Minangkabau,
Keimin Bunka Shidosho Latihan melukis oleh S. Sudjojono (1942),
Sanggar Seniman Indonesia bentukan Affandi (1945),
 
Penghargaan :
Anugerah Seni dari Pemerintah Indonesia (1972),
Hadiah Seni Akademi Jakarta (1978)
 
Profesi :
Pelukis,
Anggota Komite Seni Rupa DKJ (1969-1977)

You may also like...