7 Gunung Tertinggi di Indonesia

Indonesia, sebuah negara yang unik sebenarnya. memiliki ribuan pulau yang tersebar sehingga menjadikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang terbesar di dunia. Sebagian pulau di Indonesia menjadi rumah dari gunung – gunung super tinggi dengan ketinggian rata – rata lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut.
Bagi para pendaki pemberani, 7 gunung tertinggi di Indonesia berikut menunggu untuk di daki.
1. Puncak Jaya, Papua

download (61)
Puncak Jaya, juga dikenal dengan nama Cartenz Pyramid, menjadi titik tertinggi di Indonesia dan Oseania. Menjadi bagian dari Barisan Sudirman atau Sudirman Range ( barisan pegunungan di Papua ), Puncak Jaya memiliki ketinggian hingga 4.884 Mdpl.
Karena ketinggian tersebut, bagian atas Puncak Jaya selalu tertutup oleh salju. Puncak Jaya menjadi satu dari sedikit tempat bersalju di Indonesia. Sebagai gunung tertinggi di Oseania, Puncak Jaya masuk ke dalam daftar 7 Summits atau 7 puncak dunia.
2. Puncak Mandala, Papua

download (62)
Gunung tertinggi kedua di Indonesia – Puncak Mandala – juga berlokasi di Papua. Gunung yang menjulang setinggi 4.760 meter ini merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya di sebelah timur Papua. Pada tahun 90′an, kawasan tertinggi di Puncak Mandala kerap tertutup oleh salju, namun pemanasan global telah melumerkan salju di Puncak Mandala.
Sejak tahun 2003, salju tak lagi terlihat menutupi titik tertinggi kedua di Indonesia dan Oseaniatersebut. Namun, Puncak Mandala tetap menjadi salah satu tantangan terberat bagi para pendaki gunung dari dalam dan luar Indonesia.
3. Puncak Trikora, Papua

download (63)
Masih di Papua, Puncak Trikora ( Wilhemina Peak ) dapat ditemukan di sebelah timur Barisan Sudirman. Sama seperti Puncak Mandala, salah satu puncak tertinggi di Papua ini dulunya diselimuti oleh salju namun sejak tahun 1962, tak terlihat lagi salju di Puncak Trikora.
Berdiri kokoh setinggi 4.750 meter, Puncak Trikora sempat dianggap sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia setelah Puncak Jaya. Namun, data dari SRTM ( Shuttle Radar Topography Mission ) menunjukkan bahwa Puncak Trikora kalah tinggi dari tetangganya, Puncak Mandala.
4. Ngga Pilimsit, Papua

download (64)
Ngga Pilimsit berada di kompleks pegunungan yang sama dengan gunung-gunung tertinggi lainnya di Papua dan Indonesia. Dibanding gunung – gunung tertinggi lainnya, Gunung Ngga Pilimsit hanya lebih rendah beberapa puluh meter. Tinggi maksimal Ngga Pilimsit adalah 4.717 Mdpl.
Lokasi gunung yang dulunya dikenal dengan nama Gunung Idenburg tersebut berada di bagian barat pegunungan Maoke, Papua. Ngga Pilimsit berjarak sekitar 21 km ke arah timur laut dari pemuncak tahta gunung tertinggi di Indonesia, Puncak Jaya.
5. Gunung Kerinci, Jambi

download (65)
Tak hanya Papua, Pulau Sumatera juga memiliki pegunungan dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter. Gunung Kerinci salah satunya.
Gunung yang berlokasi di wilayah Kerinci provinsi Jambi ini memiliki ketinggian maksimal 3.805 meter hingga tercatat sebagai gunung tertinggi di Sumatera dan gunung tertinggi ke – 5 di Indonesia. Terletak di pegunungan Bukit Barisan di wilayah Sumatera Barat dan Jambi, Gunung Kerinci menjadi habitat dari beberapa satwa langka seperti Harimau dan Badak Sumatera.
6. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

download (66)
Gunung Rinjani menjulang indah di salah satu surga wisata Indonesia yaitu Lombok. Gunung yang disebut – sebut sebagai gunung terindah di Indonesia ini memiliki ketinggian 3.726 Mdpl. Keindahan Gunung Rinjani menggoda banyak pencinta alam dan penikmat fotografi untuk mendaki.
Di bagian dalam Gunung Rinjani, terdapat danau kawah bernama Segara Anak yang menyempurnakan keindahan Gunung Rinjani di mata para pendaki. Meski berada di ketinggian ribuan kilometer, air di Segara Anak tak terasa dingin karena adanya hawa panas dari dasar Gunung Rinjani.
7. Gunung Semeru, Jawa Timur

download (67)
Menjulang setinggi 3.676 Mdpl, Gunung Semeru ( Mahameru ) tercatat sebagai gunung tertinggi di seluruh wilayah Pulau Jawa. Sejak lama, Gunung Semeru telah membuat penasaran para pendaki dari dalam dan luar negeri.
Pendakian Gunung Semeru bukanlah hal yang mudah mengingat waktu yang dibutuhkan untuk mendaki dan menuruni gunung ini bisa mencapai 4 hari. Para pendaki Gunung Semeru bisa berangkat dari wilayah Malang ataupun Lumajang di Jawa Timur.

Masya Allah…Ciptaan Allah Yang Maha Tinggi…

You may also like...