Banjet

image

Banjet atau kadang-kadang juga disebut Topeng Karawang merupakan suatu seni pertunjukan semacam Longser yang hidup dan berkembang di di wilayah Karawang dan Subang. Dalam perkembangannya Banjet mengalami perubahan, seperti Banjet Margaluyu dilengkapi dengan instrumen: Gambang, Kolenang, Saron 2 buah, Panerus serta Goong Gantung, yang semula hanya waditra-waditra yang tergabung dalam Ketuk Tilu.

Pada umumnya lakon yang dibawakan adalah si Jantuk yang mengenakan Topeng separo seperti Topeng Semar dalam Wayang Topeng.

Lagu-lagu lainnya yang dibawakan juga diantaranya: “Balo-balo”, “Enjot-enjotan”, “Kang Haji”, “Layang-layang”, “Oncom Lele” dan “Sarkawi”. Para penari banyak yang menampilkan goyang pinggul yang erotis, goyang bahu, gerak kepala hampir tidak tampak, gerak tangan dan kaki sangat sederhana.

Penari biasanya mengenakan kembang topeng, di kepala dihiasi dengan bunga-bunga yang bergoyang-goyang dan gemerlapan. Di kiri kanan bahunya tampak toka-toka, baju tangan pendek (andong) dan mengenakan ikat pinggang (pending), dari pusar kebawah menampak kain terurai (ampreng).

Bodor terdiri dari dua orang, pertama keluar seorang bodor bercakap-cakap sendiri mengundang tawa penonton, kemudian yang kedua muncul. Ketika asyik berbicara datang seorang Ronggeng, lalu diperebutkan oleh kedua bodor itu.

 

Terima kasih telah mengunjungi m2indonesia.com

You may also like...

Leave a Reply