Objek Wisata Belawa

image

Kura-kura Belawa tentunya akan mecuri hati Anda saat berkunjung ke Cirebon. Dengan tempurung yang khas, hewan ini tergolong langka dan hanya ada di tempat-tempat tertentu di Desa Belawa. Dikenal sebagai Kura-Kura Belawa, dengan nama latin “Aquatic Tortoise Ortilia Norneensis”, hewan ini ditangkar di kolam penampungan yang cukup representatif setelah dilakukan renovasi, terdiri dari  kolam tukik (untuk kura-kura yang masih kecil), kolam kura-kura dewasa, serta kolam khusus untuk pengembangbiakan. Anda akan melihat sedikitnya 200 kura-kura bertempurung unik hidup dan berkembang biak di sini.
Legenda terkait kura-kura Belawa akan menghibur imajinasi Anda. Alkisah pada jaman dahulu, adalah seorang pemuda yang bernama “Jaka Saliwah” (Jaka berarti lelaki/pemuda, sedangkan Saliwah berarti tidak sama (tidak satu warna).
Wajah Jaka Saliwah sendiri berwarna putih dan hitam.
Merasa sedih karena mempunyai dua warna wajah, Jaka Saliwah berguru kepada Syekh Datuk. Semua cara sudah dilakukan namun tidak kunjung sembuh, oleh karenanya dia merasa kecewa dan menyobek-nyobek Al-Quran. Sobekan tersebut dibuang ke mata air dan berubah menjadi hewan kura-kura. Akhirnya, Jaka Saliwah pun tersadar dan memohon ampun kepada-Nya. Dia pun membasuh kedua mukanya di mata air tersebut dan hilanglah penyakitnya.

Lokasi:  Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang
Koordinat : 6 49′ 52″ S, 108 37′ 13″ E
Arah:  20 km dari Kota Cirebon

Terima kasih telah mengunjungi m2indonesia.com

You may also like...

Leave a Reply