Pantai Cijayana

image

Pantai ini memiliki luas kawasan sekitar 9 ha dan mempunyai jenis material tanah berupa pasir halus dengan warna alami putih kecoklatan. Pantai Cijayana merupakan pantai yang memiliki tepi pantai yang luas dengan lebar lebih dari 200 m dan panjang  2000 m, serta pandan bidur sebagai flora dominan di tepi pantainya.
Stabilitas pantai ini baik karena tingkat abrasinya kecil, dan mempunyai kondisi perairan yang cukup baik, seperti warna air yang biru dengan bau air normal dan temperatur yang normal. Pantai Cijayana memiliki tinggi gelombang rata-rata 1 m, dan kekuatan tiupan angin yang sedang serta penyinaran matahari yang cukup. kondisi bentang alamnya pun masih belum tereksploitasi. Hal tersebut disebabkan karena pantai Cijayana belum disentuh oleh berbagai macam fasilitas khususnya fasilitas wisata. Untuk menikmati pemandangan di pantai Cijayana ini, visabilitasnya sangat bebas dan mempunyai tingkat kebisingan yang rendah.
Pantai ini memiliki danau kecil di lokasi tepi pantainya, dan kegiatan yang bisa dilakukan adalah menikmati pemandangan, fotografi, memancing, piknik, berjemur, jalan-jalan, dan bermain di tepi pantai. Adapun pola kepemilikan lahan dari kawasan pantai Cijayana adalah tanah desa yang diperuntukkan guna pertanian, alokasi tempat pariwisata, dan sebagian besar masih berupa tanah kosong yang belum dikelola.

Lokasi:  Desa Cijayana Kecamatan Mekarmukti Kabupaten Garut
Koordinat : 7 40′ 1″ S, 107 42′ 1″ E
Fasilitas: Kios makanan, Musholla
Informasi Lebih Lanjut: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut

 

Terima kasih telah mengunjungi m2indonesia.com

 

You may also like...

Leave a Reply