Sumur Tujuh Cibulan

image

Nama Cibulan berasal dari kata Cai Katimbulan yang berarti air yang timbul . Cai Katimbulan merupakan tempat hilangnya Putri Buyut Manis yang akan dijodohkan dengan Putra Buyut Talaga yang kemudian menghilang di tempat ini karena ketidaksetujuan Kepada Putra Buyut Talaga.

Di daerah ini terdapat tujuh sumur (dikenal dengan sebutan Sumur Tujuh) yang merupakan tempat patilasan Prabu Siliwangi yang digunakan untuk bersuci ketika bersemedi dan juga merupakan salah satu tempat bersejarah dalam penyebaran Islam di Kuningan melalui kegiatan para Wali Songa.

Di Kolam Cibulan juga terdapat mitos tentang adanya kepiting emas (kepiting yang berkulit warna emas), yang tidak bisa dilihat oleh sembarang orang, tetapi bagi orang tertentu yang melihatnya, maka cita-citanya akan terkabul.

Terletak di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana, 7 Km dari kota Kuningan ke arah Utara, atau berjarak 28 Km dari Kota Cirebon menuju Selatan.

Lokasi:  Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana
Koordinat : 6° 54′ 40″ S, 108° 29′ 10″ E
Arah:  7 km dari Kota Kuningan ke arah utara, atau 28 km dari Kota Cirebon menuju selatan.
Informasi Lebih Lanjut:  Kuningan Regional Tourism & Culture Office, Jl. Raya Cilowa No. 40 A Kramat Mulya, Kuningan, Tlp. +62-232-871378, E-mail kabkuningan@westjava-indonesia.com.

 

Terima kasih telah mengunjungi m2indonesia.com

You may also like...

Leave a Reply