Taman Rekreasi Curug Sidomba

image

Bagi Anda yang berjiwa petualang dan mencintai air terjun, objek wisata yang terletak di kaki Gunung Ciremai ini tidak boleh dilalui begitu saja. Namanya yang mengandung unsur nama jenis hewan tertentu memang diangkat dari hewan ternak langka yang dahulu sering digembalakan di tempat ini. Konon keunikan dari domba ini adalah jumlah tanduknya yang lebih dari dua. Sekarang, di tempat ini tidak ada lagi hewan ternak, melainkan telah berubah menjadi objek wisata yang cantik.
Air terjun curug Sidomba memiliki ketinggian 3 m. Curug ini merupakan salah satu curug buatan yang mengalir tepat di tengah daerah ini. Anda akan terpikat dengan airnya yang cukup jernih, dingin, dan segar, yang bersumber dari mata air Gunung Ciremai, serta berbagai jenis ikan yang hidup di dalam air ini seperti ikan mas dan ikan Kancra Bodas.
Konon ikan Kancra Bodas di sini tidak bisa ditangkap, terbukti ketika airnya dikuras ikan-ikan ini menghilang tidak diketemukan. Selain itu, aturan yang sangat penting bagi pengunjung adalah tidak diperbolehkan memberi makan atau memancing ikan di area ini dan serta tidak diperbolehkan berkata kasar karena dipercaya akan ada akibatnya langsung.
Daya tarik dari kawasan ini adalah sebuah masjid megah dengan satu menara Asma’ul Husna. Untuk menuju menara, Anda akan melalui tangga berjumlah 99 anak tangga, di mana Anda akan dapat menikmati bentangan keindahan alam di kaki Gunung Ciremai yang sebagian wilayahnya masih subur dengan pepohonan besar.

Lokasi:  Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana
Koordinat : 6° 53′ 28″ S, 108° 27′ 32″ E
Arah: Sekitar 30 menit dari Kota Kuningan
Fasilitas: Restoran, saung dan arena bermain anak, camping ground

Terima kasih telah mengunjungi m2indonesia.com

You may also like...

Leave a Reply