Tuti Maryati

Penyanyi Keroncong
Tuti Maryati
 
 
 
Lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 8 Oktober 1956. Masa remajanya di habiskan di tanah sunda. Pendidikannya di tempuh di SMA Negeri 9 Bandung, Jawa Barat. Setelah tamat kuliah di ASMI, Jakarta, dan tercatat sebagai lulusan terbaik program ekstension tahun 1977, ia kembali melanjutkan kuliah di Fakultas Hukum UPN Veteran, Jakarta. Sebagai individu yang multi-bakat, menjadikannya memiliki banyak aktivitas dan prestasi. Sewaktu masih berstatus sebagai pelajar pada tahun 1974, ia pernah menjadi salah satu anggota Paskibra di Pasukan 8, sebagai pemegang duplikat Bendera Pusaka. Pada tahun 1975, ia terpilih dalam pertukaran pelajar pada ‘Indonesia-Canada World Youth Exchange Program’. Serta masih banyak lagi prestasi yang ia torehkan.
 
Dalam dunia tarik suara, namanya mulai dikenal sejak mendapat gelar juara I Bintang Radio dan Televisi (BRTV) tahun 1986 untuk jenis keroncong. Setelah sebelumnya sempat juga menyabet gelar juara I lomba keroncong Antar Kotama TNI-AL Se-Jakarta II dan II pada tahun 1983. Ia mengaku tak pernah belajar menyanyi keroncong. Ia hanya belajar dari mendengar cara menyanyi Waldjinah dan Sundari Soekotjo
 

Tahun 1988, ia menjadi penyanyi di Istana Negara, yang menyanyi di depan para tamu negara. Menurutnya keroncong itu kuncinya di kelembutan. Itu mungkin yang membuat orang kalau musik keroncong membikin ngantuk, sebenarnya keroncong itu menenangkan jiwa. Ia menambahkan bahwa yang membuat kantuk itu adalah pengemasan tampilan keroncong. Sempat menjadi pembawa acara, penyanyi sekaligus koordinator acara dalam ‘Gebyar Keroncong’, yang di tayangkan TVRI.
 

Bersama rombongan kesenian Indonesia, ia beberapa kali ikut berkeliling ke belasan negara. Ia juga mendirikan Warung Keroncong Gaul (WKG) yang didirikan dengan tujuan sebagai media berkumpulnya insan pecinta keroncong serta sebagai ajang bagi para penyanyi keroncong muda yang ingin menjajal suaranya dan di nikmati pengunjung yang datang di warung tersebut. Dari sanggar tersebut sudah lahir beberapa penyanyi keroncong muda yang telah pula masuk dapur rekaman, seperti Sriyono, seorang tuna netra bersuara emas. Selain disibukkan dengan aktivitas berkeroncong, ia juga berprofesi sebagai Pembawa acara.
 
Lebih dari 15 album keroncong telah dirilisnya, baik itu menyanyikan lagu keroncong lama maupun lagu keroncong baru, diantaranya : ‘Tuti Maryati in Japanese Keroncong and Degung Sundanese’, ‘The 65th  Aniversary of Bengawan Solo (Kompilasi)’‘Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa  Volume 3 (Kompilasi)’, ’Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 4 (Kompilasi)’, ‘Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 6 (Kompilasi)’, ‘Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 8 (Kompilasi)’, ‘Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 9 (Kompilasi)’, ‘Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 10 (Kompilasi)’, ‘Album Emas Keroncong Tuti Tri Sedya, Volume 1 (1992)’, ‘Album Emas Keroncong Tuti Tri Sedya, Volume 2 (1992)’, dll
 
Menikah dengan Tri Sedya ditahun 1977. Namun bercerai di tahun 2005. Dari pernikahannya ia di karuniai tiga orang anak. Penyanyi yang sempat populer dengan nama Tuti Tri Sedya ini menikah lagi dengan Johanes Sarwono, seorang pengacara dan mantan anggota band Freedom of Rhapsodia pada 25 Juli 2008. Kini mereka menetap di bilangan jalan RSPP Cilandak, Jakarta Selatan.
 
(Dari Berbagai Sumber)

 

  Nama :
Tuti Maryati
 
Lahir :
Makassar, Sulawesi Selatan,
 8 Oktober 1956
 
Pendidikan :
SMA Negeri 9 Bandung,
Jawa Barat,
ASMI, Jakarta (tamat 1977),
Fakultas Hukum UPN Veteran, Jakarta
 
Pencapaian :
Juara I lomba keroncong Antar Kotama TNI-AL Se-Jakarta I dan II (1983),
Juara I Bintang Radio dan Televisi (1986)
 
Album :
Tuti Maryati in Japanese Keroncong and Degung Sundanese,
The 65th  Anniversary of Bengawan Solo (Kompilasi), Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 3 (Kompilasi),
Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 4 (Kompilasi),
Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 6 (Kompilasi),
Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 8 (Kompilasi),
Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 9 (Kompilasi),
Keroncong Pilihan Dari Masa Kemasa Volume 10 (Kompilasi),
 Album Emas Keroncong Tuti Tri Sedya Volume 1 (1992),
Album Emas Keroncong Tuti Tri Sedya Volume2 (1992),
Keroncong Asli Parade Bintang Keroncong, (Campuran, 2005),
Keroncong Asli Tuti Maryati (2005),
Keroncong Karyaku, Dorce Gamalama, (Kompilasi, 2006),
Album POP Sejuta Kenangan Dalam Lagu Cinta (April 2008),
Langgam Sunda Nostalgia Tuti Maryati (Juni 2008)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.